Tuliskan kata-kata kunci paragraf ke-2 yang kalian anggap penting!

Dampak Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam

Manusia tidak bisa lepas dari lingkungannya. Lingkungan dan manusia saling berinteraksi dan saling memengaruhi. Lingkungan dapat memberikan manfaat bagi manusia. Manusia memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya. Beberapa bentuk pemanfaatan lingkungan oleh manusia, antara lain untuk lahan pertanian, perkebunan, perikanan, permukiman, dan industri

Sayangnya, sering kali manusia memanfaatkan lingkungan dengan kurang bertanggung jawab. Untuk memperoleh hasil pertanian yang melimpah, manusia menggunakan pupuk kimia dan pestisida yang berbahaya bagi kelestarian lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal, manusia menebangi hutan. Ada pula aktivitas manusia yang membuang limbah hasil industri ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Manusia juga membuang sampah secara sembarangan ke sungai. Hal ini menimbulkan pencemaran.

Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Misalnya, penebangan pepohonan di hutan akan menyebabkan hutan gundul. Ingat, salah satu fungsi hutan adalah menyerap dengan cepat dan menyimpan air dalam jumlah yang banyak ketika hujan lebat terjadi. Ketika hutan beralih fungsi menjadi permukiman maka derasnya air hujan tidak dapat terserap dengan cepat ke dalam tanah. Air akan menggenang sehingga terjadilah banjir di permukiman penduduk. Sebenarnya, banjir tidak hanya disebabkan oleh adanya perubahan fungsi hutan menjadi daerah pemukiman. Seperti telah disebutkan sebelumnya, banjir dapat diakibatkan oleh perilaku manusia yang membuang sampah sembarangan, yaitu di sungai.

Penebangan pepohonan terutama yang terdapat di lahan miring dapat menyebabkan tanah longsor. Akar pohon yang ada di lahan miring bermanfaat untuk memperkuat struktur tanah. Jika pepohonan itu ditebangi maka tanah menjadi tidak kukuh sehingga mudah longsor.

Tuliskan kata-kata kunci paragraf ke-2 yang kalian anggap penting!

Jawaban :

Manusia.

Penjelasan :

Kata kunci haruslah mewakili hal penting yang ingin disampaikan.

Kata kunci dalam sebuah paragraf dapat ditemukan dengan tiga cara berikut.
1) Mencari kata yang diulang. Salah satu ciri kata kunci dalam paragraf adalah penggunaannya yang diulang dan dituliskan berkali-kali.
2) Mencari dalam ide pokok. Kata kunci juga akan ditemukan dalam ide pokok karena kata kunci menjadi unsur penting paragraf dan karena ide pokok berisikan kalimat penting paragraf, salah satunya kata kunci.
3) Kata kunci bisa ditulis dengan kata ganti lain. Kata ganti untuk kata kunci ini dituliskan dengan beberapa tujuan pada paragraf itu. Tujuan pertama adalah untuk menghemat penggunaan kata, terlebih kalau kata kunci terdiri lebih dari satu kata. Tujuan kedua adalah mempertegas atau memperjelas pembaca mengenai pentingnya kata-kata itu dalam paragraf.

Pada soal di atas ditanyakan tentang kata kunci yang terdapat pada paragraf kedua, yakni “Sayangnya, sering kali manusia memanfaatkan lingkungan dengan kurang bertanggung jawab. Untuk memperoleh hasil pertanian yang melimpah, manusia menggunakan pupuk kimia dan pestisida yang berbahaya bagi kelestarian lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal, manusia menebangi hutan. Ada pula aktivitas manusia yang membuang limbah hasil industri ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Manusia juga membuang sampah secara sembarangan ke sungai. Hal ini menimbulkan pencemaran.”

Kata kunci paragraf tersebut adalah “manusia”. Hal ini disebabkan kedua kata tersebut menonjol dan menjadi kunci pembahasan di paragraf kedua.

Dengan demikian, jawaban atas pertanyaan di atas adalah manusia.

Tinggalkan komentar