Inilah Penyebab Trafo Cepat Panas dan Tidak Keluar Tegangan

Inilah Penyebab Trafo Cepat Panas dan Tidak Keluar Tegangan

Memang Transformator akan mengeluarkan suhu panas ketika sedang digunakan, tetapi jika yang terjadi panas berlebih apakah itu hal yang normal? Tentunya ini akan menyebabkan masalah baru bahkan kerusakan jika tidak dicari tahu penyebab trafo ampli cepat panas atau komponen transformator pada perangkat elektronika lain misalnya pada power supply.

Ternyata jika trafo mengalami overheat maka dapat menyebabkan kerusakan serius jika tidak segera ditangani, maka kita harus segera mencari solusi dari masalah tersebut supaya tidak menyebar sehingga menyebabkan hal serius yang lebih berbahaya.

 

Trafo Ampli Cepat Panas

Untuk mengatasi transformator pada amplifier yang pansa, maka kita harus menacari terlebih dahulu penyebnya, sehingga nanti mudah untuk mencari solusinya.

Terkadang ditemui kondisi trafo panas sekali pada ampli tetapi suara ampli masih berfungsi normal, jika ini terjadi maka itu bisa disebabkan oleh beberapa hal yang antara lain:

  1. Trafo mendapat beban yang berlebihan, ini terjadi ketika ukuran ampere trafo lebih kecil atau terlalu kecil untuk mencatu rangkaian amplifier dengan daya tinggi. Akibatnya trafo pun menjadi panas ketika digunakan dan lama kelamaan akan mengalami kerusakan.
  2. Kerusakan pada komponen power amplifier, misalnya kerusakan pada transistor power ampli yang menyebabkan rangkaian setengah konslet, sehingga menyebabkan trafo bekerja cukup keras dan akhirnya menjadi panas berlebihan atau overheat.
  3. Terdapat salah satu komponen yang rusak para tone control, pre-amp, dan blok lainnya. Hampir sama dengan kasus sebelumnya, jika terjadi kerusakan pada salah satu bagian rangkaian amplifier maka akan mengakibatkan jalur tegangan short yang membuat trafo jadi panas.
  4. Ukuran komponen dioda kekecilan, sebaiknya penggunaan dioda disesuaikan dengan ukuran ampere trafo. Jika terlalu kecil maka dapat menyebabkan trafo panas jika digunakan.
  5. Kualitas material trafo jelek, biasanya ini terjadi pada trafo yang berkualitas murah.
  6. Umur pemakaian yang menyebabkan spul jadi rusak.
✅Baca Juga :  Jenis Trafo atau Transformator dan Fungsinya

 

Penyebab Transformator Power Supply Cepat Panas

Sebenarnya hampir sama dengan kondisi pada amplifier diatas tadi, pada power supply juga seringkali  terjadi overheat pada trafo. Penyebabnya juga mirip, yang antara lain:

 

  • Blok dan susunan setiap komponen pada power supply kurang bagus, hal ini menyebabkan kurangnya pembuangan panas pada masing-masing komponen termasuk trafo.
  • Trafo kelebihan beban.
  • Pada salah satu komponen terjadi konsleting yang menyebabkan trafo bekerja secara maksimal dan hampir hangus.

 

Penyebab Trafo Tidak Keluar Tegangan

Adapun juga kasus yang terjadi pada transformator yang tidak ada tegangan yang keluar padahal dari segi fisik masih bagus.

Hal ini bisa diketahui sebabnya dengan melakukan pengukuran dan pengecekan lebih lanjut, sehingga dapat memastikan apakah trafo tersebut masih layak untuk digunakan atau sudah rusak.

Secara singkat, penyebab mengapa output trafo tidak ada tegangan yaitu sebagai berikut:

 

  • Lilitan atau spul trafo putus, hal ini sering terjadi pada liliran primer yang terhubung dengan listrik PLN mengalami kerusakan putus, sehingga menyebabkan trafo sama sekali tidak bekerja dan tidak mengeluarkan tegangan output.
  • Lilitan trafo terbakar, jika dalam kasus ini lilitan setengah hangus yang menyebabkan konslet dan tidak ada tegangan keluaran pada terminal output.
  • Terjadi kerusakan pada terminal output yang longgar atau solderan yang terlepas.
  • Terjadi kerusakan pada rangkaian elektronika sehingga menyebabkan jalur tegangan konslet dan ketika diukur seperti tidak ada tegangan sama sekali, padahal ketika jalur tersebut di open maka tegangan dari trafo keluar normal.
  • Kerusakan pada dioda penyearah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.