Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Listrik Rumah Mati

Listrik menjadi salah satu kebutuhan yang paling penting untuk saat ini, orang-orang sangat bergantung dengan aliran listrik terutama di rumah. Siapa sih yang tidak punya smartphone dan wifi, dua benda yang menjadi kebutuhan utama kalian. Begitupun juga dengan peralatan elektronik yang digunakan di rumah seperti televisi, kulkas, dispenser, AC, microwave, dan masih banyak lagi.

Bayangkan saja jika listrik rumah mati, pastinya kalian akan mati gaya karena tidak bisa mengakses internet. Kalian juga tidak bisa duduk nyaman lantaran AC juga mati, tidak bisa minum air dingin kulkas, dan aktivitas-aktivitas lainnya yang menggunakan peralatan elektronik.

Jadi, jika listrik mati akan sangat berpengaruh bagi kebanyakan orang. Tapi kalian jangan khawatir, karena pada artikel ini admin akan memberitahukan penyebab dan cara mengatasi listrik rumah mati. Simak selengkapnya!

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Listrik Rumah Mati

 

1. Pemakaian Listrik di Rumah Terlalu Berlebihan 

Jika aliran listrik rumah tiba-tiba mati, kalian bisa melihat apakah tetangga juga mengalami hal yang sama atau tidak. Jika tidak, maka kalian bisa melihat meteran listrik, meteran listrik biasanya memang turun lantaran pemakaian listrik melebihi daya kapasitas.

Misalnya daya listrik rumah kalian adalah 2200 VA, tetapi kalian menyalakan seluruh peralatan elektronik secara bersamaan. Solusinya terbilang mudah, kalian hanya harus mematikan sejumlah peralatan elektronik setelah itu kalian tinggal menaikkan lagi meteran listrik.

Untuk mengetahui penyebab pemadaman atau melaporkan pemadaman, kalian bisa segera menghubungi kantor PLN terdekat atau Contact Center PLN.

 

2. Pemadaman Listrik Secara Berkala 

Biasanya, PLN akan melakukan pemeliharaan secara berkala, jadi kalian sudah tidak perlu heran jika listrik rumah mati. Listrik rumah mati ini tidak akan berlangsung lama, mungkin hanya akan berlangsung kurang dari satu jam atau bisa juga lebih.

Jika kalian merasa sudah cukup lama, kalian bisa menghubungi call center PLN untuk meminta informasi. Jika ada pemadaman berkala, pastinya PLN akan memberitahu sebelumnya, jadi kalian tidak usah panik, hal ini menjadi solusi.

 

3. Beban Pemakaian yang Tidak Seimbang 

Jika sebagian jaringan listrik rumah yang mati, maka hal itu disebabkan karena ada beban pemakaian yang tidak seimbang sehingga salah satu MCB (Mini Circuit Breaker) turun.

Solusinya cukup mudah, kalian hanya perlu menaikkan salah satu MCB, biasakan untuk selalu membagi beban listrik secara seimbang. Biasanya saat memasang instalasi listrik, tukang listrik akan membagi untuk AC, mesin pompa air, dan juga lainnya.

 

4. Terjadi Insiden Tidak Terduga 

Kalian pasti sudah sering merasakan jika tiba-tiba listrik dirumah mati, begitu pun juga listrik dirumah tetangga. Insiden yang tidak terduga contohnya seperti bencana alam, gardu rusak, atau yang lainnya bisa saja terjadi, namanya juga insiden.

Karena itu, aliran listrik rumah mati pun terjadi, pastinya PLN akan mengalihkan daya listrik dari sumber yang lain. Solusinya kalian hanya perlu menunggu saja sampai aliran listrik rumah menyala kembali, dan jangan lupa untuk meminta informasi dari PLN.

 

5. Terjadi Arus Pendek 

Insiden arus pendek atau korsleting ini seringkali terjadi sehingga menyebabkan listrik dirumah mati, penyebabnya ada bermacam-macam. Bisa dikarenakan instalasi listrik yang kurang bagus, kabel yang sudah tua, sampai penyebab lain seperti kabel digigit tikus.

Solusinya kalian harus meminta petugas PLN dan tukang listrik bersertifikat untuk mengecek dan memperbaiki. Kalian harus terbiasa untuk mengecek instalasi listrik secara berkala untuk mengantisipasi hal seperti ini terjadi lagi.

Sebenarnya, masih banyak penyebab listrik rumah mati lainnya, tetapi sebagian besar memang terkait poin empat. Insiden yang tidak terduga bisa bermacam-macam seperti ranting pohon mengenai kabel listrik, tiang listrik roboh karena angin,

Atau karena kabel listrik putus, pemasangan instalasi kabel yang baru, dan hal lain yang terkait jaringan PLN.

Dan itulah penyebab dan cara mengatasi listrik rumah mati.

Tinggalkan komentar