Cara Mudah Memperbaiki Rice Cooker

Cara Mudah Memperbaiki Rice Cooker – Dalam kehidupan sehar hari kita membutuhkan alat bantu seperti penanak nasi. Jaman dahulu kita menanak nasi dengan sistim manual yakni dengan api. Tapi di era yang serba teknologi, kini pemanas bisa dari listrik dengan mengubah listrik menjadi pemanas. Bila di lihat secara segi kemudahan dapat di katakan sekarang bisa lebih baik dari dahulu. Dan kini telah hadir banyak trobosan teknologi di dunia memasak memakai sumberdaya listrik. Untuk menciptakan pemanas seperti megicom, Megijer, dan Rice cooker.

Karena kemudahan dalam pemakaiannya rice cooker rawan rusak bila pemakaiannya tidak hati hati. Karena saya mengajak rekan untuk belajar mengetahui jenis kerusakan dan caranya memperbaiki rice cooker.

Cara Mudah Memperbaiki Rice Cooker

Berikut cara memperbaiki rice cooker :

Rice Cooker Mati Total

Saat rice cooker mati ada kemungkinan sebenarnya masih hidup. Tapi lampu indikator untuk warm dan cook nya mati. Kebanyakan kasus memang lampu indikator sering rusak karena korosi uap dan panas ketika rice cooker dipakai. Sebenarnya lampu indikator tidak berefek pada kerja dari rice cooker, hanya saja kita tidak dapat melihat mana mode untuk bekeja.

Perlu rekan tau lampu indikator juga menandakan adanya kerusakan. Sering saat akan di pakai lampu tiba tiba mati dan fungsi yang lainya ikut tidak bekerja. Berikut merupakan komponen yang perlu di periksa memakai tester saat cook dan warm tidak bekerja:

  • Jek AC 220 putus.
  • Thermostate putus.
  • Saklas on dan off mati.
  • Element cook mati.
  • Elemen warm samping dan atas mati.

Mengetahui Jenis Kerusakan Rice Cooker

Sekarang rice cooke telah di sertai dengan fitur automati. Saat nasi sudah matang dengan otomatis penanak akan berhenti dan berubah cook mejadi warm. Canggih bukan?.

Semakin canggih perangkat semakin banyak juga komponen yang bekerja.  Karena itulah saya akan mengajak rekan untuk menganalisa dan memfonis kerusakan pada penanak nasi.

Kerusakan Termostate

Thermostate adalah salah satu kompunen yang selalu ada pada rice cooker. Bentuknya panjang seperti Dioda 2A, namun sedikit lancip depanya dan di bungkus kain anti panas, terletaknya di awal tegangan. Saat Thermostate di tes memakai ohm meter jarum tidak bergerak di pastikan thermostate mati itu.

Kebanyakan kasus rice cooker mati karena thermostate yang putus. Jenis thermostate ada 2 bentuk yakni panjang dan bulat. Kebanyakan yang di pakai pada ricecooker yaitu yang panjang berukuran 250V 10A/150 sampai 170°C. Sedangkan yang bentuk bulat biasanya ada pada megijer dan megicom dengan seri KSD301/KSD201.

  • Elemen Pemanas

Saat rekan membuka sebuah perangkat rice cooker maka rekan akan melihat 2 jenis element yakni element pemasak yang terletak pada dasar panci yang ada peer dan yang terletak di samping bawah dan di atas seng penutup rice cooker.

Jenis kerusakan:

  • Mode memasak tidak berfungsi

Coba periksa saklar otomatis yang berfungsi menangani 2 mode secara otomatis.

  • Nasi cepat basi periksa semua kabel yang berhubunganya dengan warm. Nasi cepat basi biasanya karena suhu yang di hasilkan kurang dari 80o. Jika element yang ada diatas dan samping masih berfungsi cobalah ganti Thermostate yang baru.
  • Nasi Kering

Jika nasi kering berlawanan dengan nasi yang cepat basi. Jika nasi cepat basi karena kekurangan suhu, nasi kering karena kelebihan suhu. Sebenarnya komponen yang perlu di ganti dan di curigai sebenarnya sama. Tapi sedikit berbeda, terkadang saklar otomatis harusnya mode warm tapi masih pada mode cook membuat nasi kering atau terbakar.

  • Nasi sudah matang tapi tidak berpindah ke mode warm. Masalah ini muncul ada 2 kemungkinan. Yakni kebanyakan beban membuat kapasitas beban PER berlebih. Padahal fungsi PER yaitu untuk menimbang saat nasi sudah matang. Atau PER memang sudah londot maka perlu di ganti atau sedikit di tarik.
  • Mode cook tidak berfungsi, coba periksa saklar on dan off, saklar automatis pastikan di bagian tegangan normal yang menuju element cook. Elemen sudah lelah, di bagian memasak juga sering menjadi salah satu kemungkinan kerusakan terparah. Maka beli yang baru bila element cook sudah mati.

Itulah Cara Mudah Memperbaiki Rice Cooker, jika bermanfaat silahkan bagikan dan terimakasih.

Tinggalkan komentar