Teknik Dasar Memperbaiki SMPS Yang Mati

Teknik Dasar Memperbaiki SMPS Yang Mati – SMPS adalah kependekan dari Switch Mode Power Supply. Terdapat banyak sebutan untuk jenis SMPS yaitu regulator, AC matic, power suplay. Jadi bila rekan sedang mencari cara untuk memperbaiki kerusakan SMPS disebuah perangkat bisa dengan menyertakan kata ini dikolom pencarian google. Tapi harus disertakan dengan kata SMPS. Karena bila tidak menyebutkan kata SMPS bisa jadi yang muncul jenis power suplay konvensional atau yang masih memakai trafo stepdown.

Memperbaiki sebuah sirkuit SMPA adalah tantangan yang menarik untuk dilakukan. Karena setiap teknisi mempunyai caranya sendiri bahkan mempunyai rahasia tersendiri untuk memperbaiki rangkaian power suplay jenis SMPS.

Tapi tidak semua teknisi memiliki kemampuan ini. Karena terkadang sperpart untuk menggantinya tidak tersedia dipasaran sehingga memilih jalan cepat yaitu dengan cara membeli modul satu blok. Atau dengan memiliki teknik sendiri untuk mengatasi SMPS yang bermasalah bila tidak tersedia sperpart yang dibutuhkan. Misal sistem jumper pada sistem sejenis.

Mempelajari SMPS adalah ilmu paling dasar untuk mereparasi sebuah perangkat elektronika. Karena sekarang ini setiap perangkat elektronik memakai sistim SMPS pada catu daya yang dipakai. Sehingga penting bagi pemula untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Bisa dipastikan seseorang yang menguasai dalam memperbaiki SMPS pasti bisa memperbaiki blok yang lain. Karena pada dasarnya prinsipnya yaitu tentang pengukuran tegangan dan yang lainya. Sehingga bisa menguasai diblok yang lain karena sudah mempunyai dasar elektronika ketika mempelajari SMPS.

Teknik Dasar Memperbaiki SMPS Yang Mati

Berikut cara memperbaiki SMPS yang mati :

Teknik Dasar Memperbaiki SMPS Yang Mati Total

Apapun permasalahnya, memakai metode prosedur standar untuk mengujinya.

  • Periksa sakelar on atau off, sekring dan lepaskan filter besar kapasitor. Bila sekring terbakar dan menjadi warna gelap, ini menandakan terdapat konslet berat dibagian catu daya. Ini bisa jadi karena dioda bridge yang short, transistor daya yang short atau bahkan IC daya terjadi konsleting. Terkadang diluar dugaan, bahwa kumparan primer mengalami konsleting pada transformator daya mode sakelar bisa terjadi.

Bila sekring hanya putus biasa atau tidak terbakar, mungkin sekring rusak sendiri karena sekring sudah berumur atau sudah usang. Sebagian besar, hanya mengganti sekring untuk memecahkan gejala supaya tidak ada tegangan pada power suplay.

  • mengukur Dioda sekunder yang bekerja. Rekan bisa memeriksa satu persatu supaya yakin tidak ada yang short satu pun. Ini penting untuk dilakukan supaya tidak kebingungan, bila ada satu yang terlewat pada prosedur servis.
  • Bila rekan memperbaiki sebuah perangkat TV dengsn kerusakan SMPS tidak ada daya yang ditandai sekring putus parah. Ini dapat disebabkan oleh B+ dan transistor horizontal output. Kemungkinan terjadi over tegangan b+, transistor horizontal mengalami short, atau flaybac yang bermasalah.
  • Periksa semua kapasitor elektrolitik dengan ESR tester pada bagian primer dan sekunder.
  • Bila ada beberapa perubahan nilai kapasitor elektrolit pada bagian catu daya, (baik didaerah primer atau sekunder) catu daya akan berkedip. Menghasilkan daya output yang rendah atau sama sekali tidak ada daya.
  • Cek gulungan utama transformator daya mode saklar dengan tester flyback. Cek juga lilitan primer flyback, B+ gulungan kumparan, dan gulungan yoke horizontal bila rekan memperbaiki TV CRT. Salah satu konsleting dari komponen tersebut bisa menyebabkan listrik mati, berkedip, atau tidak ada tegangan sama sekali.

Bila rekan telah mengkonfirmasi bahwa sisi sekunder semua komponen tidak ada yang mengalami short. Maka yang harus rekan lakukan yaitu menguji dan mengganti semua komponen pada bagian primer. Di situlah keterampilan pemecahan masalah rekan yang sebenarnya dibutuhkan. Memahami dan mengetahui cara untuk menguji komponen elektronik dasar sangat penting bila tidak, rekan akan menghadapi kesulitan ketika menemukan kerusakan.

Bila rekan baru dibidang perbaikan elektronik ini, saya sangat menganjurkan rekan memeriksa setiap komponen satu persatu di rangkaian catu daya dan setelah rekan menguasainya, rekan bisa menemukan kesalahan dengan menguji tegangan atau bahkan mengidentifikasi kesalahan diblok bagian lain.

Penting Supaya Tidak Kecolongan

Setelah rekan menyelesaikan seluruh pengujian komponen dan sudah mengganti bagian bagian yang diperlukan. Rekan perlu menyalakan catu daya dengan memakai bohlam 100Watt yang terhubung dengan sekring. [Antar kaki sekring] Putuskan dijalur penting pada sekunder. Terutama dibeban yang berukuran volt besar.

Bila lampu bohlam sangat terang dan tidak akan padam sampai beberapa menit, maka bertarti masih ada masalah dalam catu daya. Bila bohlam menjadi redup atau mati, rekan tahu bahwa konsleting telah teratasi. Sekarang rekan bisa menyalakan power supply dengan yakin dan tidak ada keraguan dengan takut akan mati lagi.

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Teknik Dasar Memperbaiki SMPS Yang Mati. Bila informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504 – Kali ini saya akan memberi taukan cara menambah driver …

Leave a Reply

Your email address will not be published.