Cara Mengatasi Transistor Horizontal Selalu Jebol

Cara Mengatasi Transistor Horizontal Selalu Jebol

Cara Mengatasi Transistor Horizontal Selalu Jebol – Gejala Demper horizontal cepat panas dan langsung mati. Ini sering terjadi di TV layar datar flat atau sejenisnya. Kali ini saya mendapat TV yang bermasalah pada Demper horizontal yang jebol meski sudah di ganti yang baru. Saya benar benar bingung mengatasi ini, tapi setelah menganalisa ketemu langkah penanganans.

Cara Mudah Mengatasi Transistor Horizontal Jebol Terus

Pengamatan

Pertama rekan coba lakukan pengamatan di komponen apakah ada yang terbakar, apakah ada elco yang meledak. Setidaknya pengamatan menjadi hal pertama ketika menangani kerusakan. Begitu dengan rekan, jika mau melakukan servis hendaknya melakukan pengamatan terlebih dahulu.

Melepas dan Memeriksa Demper transistor Horizontal

Ke 2, melepas demper atau transistor horizontal dan memeriksa memakai ohm meter. Bila rekan bingung ketika mengukur demper horizontal cara terbaik yaitu dengan menyediakan transistor yang sama. Dengan cara menyamakan pengukuran dengan yang baru dan yang rekan lepas tadi. Sama atau tidak. Itu cara mudah untuk memastikan transistor horizontal. Jika rekan tidak yakin dengan cara saya, lihatlah di data site sesuai seri.

Memeriksa Tegangan B+115V

Setelah melakukan Melepasan demper transistor horizontal, selanjutnya yaitu memeriksa tegangan B+. Sebelum menyalakan chasis pastikan yoke sudah dicopot yang terhubung dengan chasis. Selain Itu lepas beban B+ menuju ke kaki flyback, kemudian nyalakan. Pemeriksaan dilakukan memakai multitester DCV. Biasanya jika bermasalah tegangan B+ akan melonjak melebihi voltase setandar. Misal tegangan umumnya yaitu 115V DC, tapi setelah diukur memakai DCV melonjak sampai 130 maka kemungkinan, penyebab transistor horizontal selalu jebol adalah tegangan B+ yang melonjak.

Komponen Pendukung Horizontal

Ini sering terlawati karena fokus ke komponen utama. Karena Itu jangan lewatkan terutama di capasitor yang terhubung ke colektor. Sedikit cerita waktu itu saya pernah menkan kerusakan demper horizontal yang mati terus menerus sampai menghabiskan 3 buah. Setelah saya cermati kembali dengan memeriksa capasitor yang terhubung ke colektor horisontal ternyata Short. Itulah kecerobohan saya waktu Itu. Pelajaran yang dapat kita ambil. Sebelum memasang transistor horizontal kembali periksa dulu komponen pendukung terutama capasitor demper yang ada di colektor horisontal.

Devlekei Yoke

Demper selalu kena efeknya jika permasalahan di defleksi yoke. Permasalahan ini terjadi karena yoke yang mengalami Short. Tapi bukan putus karena bila putus tidak akan berefek pada demper horizontal, tapi di layar terlihat garis vertikal. Yoke yang mengalami short, membuat beban yang ditanggung demper berlebih dan akan membuat transistor menjadi panas berlebih. Akhirnya tidak kuat menahan panas dan terjadilah Short lagi. Jangan lupa menganalisa pada yoke ini.

Flayback

Yang terakhir yaitu flyback. Jika permasalahan tidak dapat teratasi dengan cara di atas, dapat di pastikan flyback telah rusak. Ini umum terjadi jika TV bekerja keras karena faktor umur, sering dinyalakan berlebihan dan lainnya.

Itulah cara mudah mengatasi transistor horizontal yang selalu mati meski sudah diganti dengan original sekalipun. Tapi saya anjurkan kepada rekan pilihlah komponen berkualitas, jika tidak mau kembali menservisan servisan yang pernah rekan kerjakan.

Itu aja tentang Cara Mengatasi Transistor Horizontal Selalu Jebol, sekian dan terimakasih.

Check Also

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504

Cara Menambah TEF SOCL 504 – Kali ini saya akan memberi taukan cara menambah driver …

Leave a Reply

Your email address will not be published.