Memperbaiki TV CRT Hanya Terlihat Satu Garis Vertikal

Memperbaiki TV CRT Hanya Terlihat Satu Garis Vertikal

Memperbaiki TV CRT Hanya Terlihat Satu Garis Vertikal –Kerusakan pada TV yang layarnya gelap dan hanya terlihat satu garis vertikal di sebabkan karena blok horizontal yang tidak bekerja.

Memperbaiki TV CRT Hanya Terlihat Satu Garis Vertikal

Dan bukan blok vertikal yang bermasalah. Hal ini harus di ketahui terutama untuk pemula yang sedang menservis TV tabung.

Bagian Bagian Blok Horizontal

Bagian blok horizontal terdiri dari beberapa bagian yaitu :

Horizontal Osilator

berfungsi membangkitkan getaran berbentuk pulsa blok dengan frekuensi 15625 hz. Kerusakan pada horizontal osilator menyebabkan CRT tidak menyala.

Horizontal Driver

berfungsi untuk memperkuat sinyal dari horizontal oscilator. kerusakan pada horizontal driver menyebabkan tidak adanya raster CRT tidak nyala tapi suaranya normal .

Horizontal Output

Untuk memperkuat daya sinyal dari horizontal driver dan memberi umpan ke devleksi yoke horizontal dan di berikan pada pembangkit tegangan extra tinggi (fbt). Kerusakan pada horizontal output menyebabkan tidak ada raster tetapi jika TV menyala suaranya normal.

Devleksi Yoke Horizontal

Untuk membelokan sweep berkas cahaya atau elektron ke horizontal di dalam tabung gambar. Kerusakan devleksi yoke horizontal menyebabkan raster satu garis vertikal pada layar tabung gambar tapi suara normal.

Itu pendapat secara teori dalam pelajaran reparasi TV. Untuk lebih jelasnya pemeriksaan pada komponen elco yang menuju ke tegangan B+ sekitar 115V DC. Resistor pembatas, periksa transistor horizontal atau devleksi yoke yang masih bagus atau sudah short bahkan putus.

Berdasarkan pengalaman saya jika garis vertikal hanya berupa garis kecil, Biasanya transistor pembatas yang menuju devleksi yoke putus atau melar bila garisnya tebal.

Kemungkinan lainya yaitu komponen pendukung horizonal lainya. Seperti dioda, resistor, elco, dan kumparan pembangkit horizontal yang berintikan magnet sering putus karena usia.

Mencari, memeriksa, dan mengukur supaya tidak ada yang terlewatkan dalam memeriksa pada blok bagian horizontal driver.

Saya pernah mendapat servis TV yang layarnya ada satu garis vertikal hanya masalah yang sepele. Yaitu permasalah hanya pada kumparan bulat yang berintikan farit terletak di dekat transistor horizontal putus karena karatan dan usia. Saya tidak menyangka bila hal sepele dan yang tidak mungkin menjadi mungkin bila kita teliti begitu fikirku.

Dan pengalaman saya juga saat itu memperbaiki TV LG super SLIM. Gejalanya tandai dengan transistor horizontal putus terus menerus hingga saya menghabiskan transistor 3 buah rugi besar saya. Ternyata capasitor yang behubungan dengan colektor transistor horizontal dengan groud mengalami short. Setelah saya tau penyebabnya langsung saya tangani.

Untuk merek TV yang paling sulit di bagian driver horizontal yaitu Polytron karena tidak tahan lama karena bekerja sangat panas seperti TV China.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang Servis TV CRT Layar Hanya Terlihat Satu Garis Vertikal. Bila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan dan terimakasih.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.