Ciri cabang tanaman ketapang adalah membentuk susunan yang?

Ciri cabang tanaman ketapang adalah membentuk susunan yang?

Jawaban:

Ciri cabang tanaman ketapang adalah membentuk susunan yang mendatar dan tajuknya bertingkat-tingkat.

Pembahasan:

Ketapang atau katapang (𝘛𝘦𝘳𝘮𝘪𝘯𝘢𝘭𝘪𝘢 𝘤𝘢𝘵𝘢𝘱𝘱𝘢) adalah nama sejenis pohon tepi pantai yang rindang. Pohon ketapang kerap ditanam sebagai pohon peneduh di taman ataupun pinggir jalan. Pohon ketapang mempunyai bentuk cabang dan tajuk yang khas. Cabangnya mendatar dan tajuknya bertingkat-tingkat mirip struktur pagoda. Pohon ketapang bertajuk rindang dengan cabang-cabang yang tumbuh mendatar dan bertingkat-tingkat, pohon yang muda sering nampak seperti pagoda. Tingginya dapat mencapai 35 meter.

Daun ketapang lebar berbentuk bulat telur dengan pangkal daun runcing dan ujung daun lebih tumpul. Pertulangan daun sejajar dengan tepi daun berombak. Daunnya meluruh (meranggas) dua kali dalam setahun. Bunga ketapang berukuran kecil dan terkumpul dalam bulir dekat ujung ranting berwarna kuning kehijauan dengan panjang sekitar 8–25 cm. Buahnya batu berbentuk bulat telur agak gepeng dan bersegi. Saat muda, buah ketapang berwarna hijau kekuningan dan berubah menjadi ungu kemerahan saat matang. Ketapang merupakan tumbuhan asli dari Asia Tenggara, dan tersebar hampir di seluruh daerah di Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Tumbuhan ini juga biasa ditanam di Australia, India, Madagaskar hingga Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …