Penyebab Tv led Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suara

Penyebab Tv led Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suara

Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya – Pada jaman sekarang ini pada setiap rumah pasti mereka memiliki Televisi atau TV, bahkan terkadang tidak hanya satu namun di setiap kamar memiliki TV.

Ya, memang TV adalah media hiburan yang paling hiburan yan paling populer. Dengan TV kita bisa menonton apa saja,film,berita,sinetron dan lain sebagainya.

Dulu bentuk TV sangat besar dan berat karena menggunakan Tabung, namun sekarang sudah banyak digantikan oleh Televisi LCD ataupun LED.

Yang terbaru adalah Televisi LED atau light emitting diode,yang merupakan backlight televisi. Tv LED juga dikenal lebih hemat listrik, yaitu sekitar 20 -30% lebih hemat. Selain itu gambar dan kinerja dari TV LED lebih baik dibandingkan LCD atau bahkan TV tabung.

Namun seberapun bagusnya barang elektronik pasti bisa rusak kapan saja, seperti halnya dengan TV LED yang juga bisa rusak kapan saja. Seperti layar mati,buram,suara hilang, dan lain sebagainya.

Namun jika terjadi kerusakan pada TV LED kalian, dan yang paling banyak terjadi adalah tidak ada gambar tapi ada suara, kalian tidak perlu buru – buru membawa ke tukang service. Kita bisa memperbaikinya sendiri asalkan tau penyebab TV LED tidak ada gambar tapi ada suara.

Untuk itu simak pembahasan berikut :

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Penting buat mengenali serta mengidentifikasi penyebab TV LED tidak ada gambarnya sebab bisa jadi ini bakal terjadi berulang. Sesudah mengenali penyebabnya, ini dapat sebagai tahap buat mencari teknik menanganinya dengan cara pas serta tepat. Berikut di antara lain:

Saat sebelum mangulas gimana cara menangani permasalahan TV yang tidak muncul gambar, sehingga ada bagusnya Kamu mengenali terlebih dulu apa saja penyebabnya. Kenapa wajib dilakukan identifikasi faktornya terlebih dulu? Hal tersebutdilakukan buat menjauhi kelengahan dalam reparasi. Selanjutnya ini beberapa hal yang bisa menimbulkan gambar lenyap pada TV, ialah:

  • Terdapatnya kerusakan pada software
  • Terjadi kerusakan pada Tcon
  • IC yang terletak didekat Tcon alami kerusakan. IC yang diartikan bernama IC Gamma AS- 15
  • Terdapatnya kerusakan pada software
  • Kabel LVDS yang terlepas yang mana dapat disebabkan kurang kuat ataupun belum terpasang dengan sempurna.
  • Sesudah mengenali sebagian penyebab di atas, bisa jadi Kamu dapat melakukan pemeriksaan pada seluruh bagian itu. Dalam perihal ini Kamu wajib betul- betul memastikan apakah pada layar TV masih menghasilkan sinar dari backlight ataupun betul- betul hitam gelap serta cuma muncul suara saja?
Baca Juga :  Cara memperbaiki Tv Led Samsung Mati

Bila permasalahannya semacam itu sehingga terdapat 2 kemungkinan yang terjadi ialah backlight yang alami kerusakan ataupun sebab lampu TV LED cacat, alhasil butuh diganti secepatnya. Nah bila telah dicoba pemeriksaan nyatanya keadaannya normal, sehingga Kamu dapat melakukan reparasi dangan mempraktikkan langkah- langkah selanjutnya ini.

Cara Memperbaiki TV LED Rusak Ada Suara Tidak Ada Gambar

Pada saat tiba- tiba TV dirumah alami kerusakan yang mana muncul suara tetapi tidak ada gambarnya, Kamu tidak perlu bimbang serta takut. Kenapa? Terdapat banyak sekali metode yang dapat dicoba buat menangani permasalahan itu. Nah selanjutnya ini sebagian tahap reparasi yang dapat Kamu jalani pada saat mendapati permasalahan TV LED yang rusak di rumah, antara lain:

  1. Tahap awal yang perlu Kamu coba pada saat mendapati permasalahan ataupun kerusakan pada TV semacam ini ialah melakukan pengecekan tegangan pada bagian power supply- nya. Dalam hal ini Ada mesti benar- bear menentukan kalau bagian power supply ini betul- betul normal.
  2. Bila Kamu merasa tegangan pada power supply telah normal serta betul, hingga Kamu dapat melakukan pemeriksaan pada bagian yang lain ialah bagian tegangan output driver led.
  3. Sehabis dilakukan pengecekan pada tekanan tetapi nyatanya hasilnya masih saja normal, hingga Kamu butuh melihat dibagian yang kerapkali menyebabkanTV LED rusak ada suara tetapi tidak ada gambarnya. Umumnya permasalahan yang kerapkali muncul kala TV hadapi kerusakan ini ialah lampu backlight yang mati. Perlu diketahui lampu backlight ini jadi salah satu bagian yang kerapkali alami kerusakan.
  4. Pada saat Kamu mendapati lampu backlight ini mati, sehingga sebaiknya buat menggantinya dengan bagian yang baru. Perihal itu butuh dicoba supaya kerusakan tidak terus menjadi akut serta menyebar pada bagian yang lain.
  5. Berikutnya bila Kamu mendapati tegangan nol pada saat dicoba pengukuran, sehingga sebaiknya butuh dicoba penggantian pada IC Driver- nya. Nah buat mengenali IC Driver rusak ataupun tidak, umumnya pada saat dilakukan pengukuran dengan memakai multi tester bakal memperlihatkan nilai kurang lebih 50 volt saja.
Baca Juga :  Perbedaan TV Digital dan TV Analog dan Apa Itu TV Digital?

Nah seperti itu sedikit penjelasan mengenai penyebab serta pula cara mengatasi permasalahan TV LED rusak alhasil muncul suara tetapi tidak ada gambarnya. Jadi untuk Kamu yang mendapati permasalahan itu pada TV di rumah, tidak perlu takut sebab seluruhnya dapat ditangani dengan bagus andaikan Kamu betul- betul mengenali penyebab serta metode menyervisnya dengan tepat. Mudah- mudahan menolong!

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Penyebab Tv Lcd Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada SuaranyaPenyebab Tv Led Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya Penyebab Tv Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *