Cara adaptasi pohon karet dan bunga mawar adalah?

Cara adaptasi pohon karet dan bunga mawar adalah?

Jawaban:

Cara adaptasi pohon karet adalah dengan mengeluarkan getah yang sering disebut sebagai getah karet. Cara adaptasi bunga mawar adalah dengan memiliki duri pada tangkai bunga dan batangnya.

Adaptasi adalah upaya menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan cara merespon perubahan atau melindungi diri dari musuh agar tetap dapat bertahan hidup. Adaptasi dibagi menjadi tiga jenis yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku. Berikut adalah penjelasannya :

1. Adaptasi morfologi
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan, caranya dengan mengubah bentuk atau bagian pada tubuhnya. Contoh adaptasi morfologi pada tumbuhan adalah tanaman mawar yang memiliki duri pada tangkai bunga dan batangnya. Duri ini berasal dari jaringan epidermis yang termodifikasi. Duri berfungsi untuk melindungi mawar dari predator atau musuh. Contoh adaptasi morfologi pada hewan adalah bentuk paruh burung yang berbeda-beda, menyesuaikan jenis makanannya.

2. Adaptasi fisiologi
Adaptasi fisiologis yaitu penyesuaian fungsi organ tubuh bagian dalam pada makhluk hidup agar dapat bertahan hidup dengan lingkungannya. Contoh adaptasi fisiologi pada manusia adalah banyak berkeringat ketika suhu panas dan banyak kencing ketika suhu dingin. Contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan adalah pohon karet yang mampu mengeluarkan getah lengket untuk melindungi diri dari musuh.

3. Adaptasi tingkah laku
Terakhir ada adaptasi tingkah laku, yaitu bentuk perubahan tingkah laku untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dan menjaga kelangsungan hidupnya. Contoh adaptasi tingkah laku adalah mimikri yang dilakukan oleh bunglon. Bunglon dapat mengubah warna kulit menjadi hijau saat berada di antara tumbuhan hijau, dan warna coklat ketika berada di tanah dengan tujuan untuk megelabuhi musuh.

Check Also

Apa itu petir?

Apa itu petir? Jawaban: Petir merupakan peristiwa pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan muatan antara …