Mengapa penduduk indonesia sebarannya tidak merata

Mengapa penduduk indonesia sebarannya tidak merata…

Jawaban :

Persebaran penduduk Indonesia tidak merata karena dipengaruhi oleh faktor kesuburan tanah, ketersediaan sumber daya alam, kelengkapan sarana dan prasarana penunjang kehidupan, dan perkembangan industri di setiap yang wilayah berbeda.

Penjelasan :

Persebaran penduduk dipengaruhi oleh kondisi fisik wilayahnya, seperti kesuburan tanah dan ketersediaan sumber daya alam. Wilayah dengan tanah yang subur dan sumber daya alam melimpah lebih padat penduduknya karena penduduk dapat memanfaatkan tanah dan sumber daya alam di wilayah tersebut. Sarana dan prasarana juga mempengaruhi persebaran penduduk. Wilayah dengan sarana dan prasarana yang lengkap, seperti jalan, sekolah, pasar, dan fasilitas umum lainnya tentu akan lebih banyak penduduknya karena sarana dan prasarana tersebut dapat menunjang kehidupan penduduk. Faktor lainnya yang mempengaruhi persebaran penduduk adalah perkembangan industri. Wilayah yang memiliki banyak industri dapat membuka lapangan kerja bagi penduduk. Sehingga, banyak penduduk yang tinggal di wilayah tersebut untuk mendapatkan pekerjaan.

Jadi, persebaran penduduk Indonesia tidak merata karena dipengaruhi oleh faktor kesuburan tanah, ketersediaan sumber daya alam, kelengkapan sarana dan prasarana penunjang kehidupan, dan perkembangan industri di setiap yang wilayah berbeda.

Tinggalkan komentar