Kebijakan dalam perdagangan internasional dan dampaknya.

Kebijakan dalam perdagangan internasional dan dampaknya…

Jawaban :

Beberapa kebijakan perdagangan internasional berupa tarif, larangan impor, kuota, dumping dan berbagai kebijakan lainnya.

Penjelasan :

Kebijakan Perdagangan Internasional adalah segala tindakan negara/pemerintah, baik langsung ataupun tidak langsung untuk memengaruhi struktur, arah, komposisi, serta bentuk perdagangan luar negeri atau kegiatan perdagangan.

A. Penetapan tarif

Tarif adalah sebuah pembebanan atas barang-barang yang melintasi daerah pabean (costum area). Sementara itu, barang-barang yang masuk ke wilayah negara dikenakan bea masuk.

Dengan penerapan bea masuk yang besar atas barang-barang dari luar negeri, memiliki tujuan untuk memproteksi industri dalam negeri sehingga diperoleh pendapatan negara.

Dampak : Akibat dan pengenaan tarif dan bea masuk barang impor adalah Harga barang impor naik, Sehingga produksi dalam negeri menjadi lebih bisa bersaing (karena lebih murah), Kemudian karena produksi dalam negeri mampu menyaingi barang impor maka diharap impor barang menjadi turun.

B. Kuota impor

Kuota adalah kebijakan pemerintah untuk membatasi barang-barang yang masuk dari luar negeri.

Dampak : Akibat dari kebijakan kuota dan pembatasan impor biasanya akan terjadi adalah jumlah barang di pasar turun, harga barang naik, produksi dalam negeri meningkat, dan impor barang turun.

C. Larangan ekspor impor

Kebijakan ini dimaksudkan untuk melarang masuknya produk-produk asing ke dalam pasar domestik. Hal ini dilakukan karena alasan politik dan ekonomi.

Dampak : untuk melindungi dan meningkatkanproduksi dalam negeri

D. Subsidi

Subsidi merupakan kebijakan pemerintah untuk membantu mengurangi sebagian biaya produksi per unit barang produksi dalam negeri.

Dampak : produsen dalam negeri bisa memasarkan barangnya lebih murah dan dapat bersaing dengan barang impor. Subsidi yang diberikan dapat berupa tenaga ahli, mesin-mesin, peralatan, fasilitas kredit, keringanan pajak, dll.

E. Premi

Adalah suatu kebijkan yang diambil oleh pemerintah dengan memberikan tambahan dana pada produsen dalam negeri yang berhasil mencapai target produksi tertentu yang telah ditetapkan.

F. Dumping

Dumping merupakan kebijakan pemerintah untuk mengadakan diskriminasi harga, yakni produsen menjual barang di luar negeri dengan harga yang lebih murah dari dalam negeri atau bahkan di bawah biaya produksi.
Kebijakan dumping dapat meningkatkan volume perdagangan dan menguntungkan negara pengimpor, terutama menguntungkan konsumen mereka.

Dampak : pelaksanaan politik dumping dalam praktik perdagangan internasional dianggap sebagai tindakan yang tidak terpuji (unfair trade) karena dapat merugikan negara lain.

G. Devaluasi

Adalah tindakan pemerintah untuk menurunkan nilai mata uang sendiri dengan sengaja terhadap uang asing.
Dampak :
– harga barang-barang impor menjadi mahal
– harga barang-barang dalam negeri menjadi lebih murah di pasaran luar negeri.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Beberapa kebijakan perdagangan internasional berupa tarif, larangan impor, kuota, dumping dan devaluasi.

Tinggalkan komentar