Berikut ini yang tidak merupakan bagian dari wilayah suatu negara

Berikut ini yang tidak merupakan bagian dari wilayah suatu negara…

A. laut bebas
B. ruang angkasa
C. sumber air di bawah tanah
D. kekayaan alam di bawah laut teritorial
E. kapal-kapal laut yang berlayar di laut terbuka dan membawa bendera negaranya

Jawaban :

B. Ruang angkasa

Penjelasan :

Wilayah merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administrasi atau aspek fungsional. Luas wilayah suatu negara ditentukan oleh perbatasan, negara menjalankan yurisdiksi teritorial yang berlakuk untuk orang dan benda yang berada dalam wilayah tersebut.

Wilayah negara meliputi wilayah darat, wilayah perairan, dasar laut, dan tanah di bawahnya serta ruang udara di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Berikut jenis-jensi wilayah suatu negara :
1. wilayah daratan, biasanya dimiliki oleh negara yang terletak dalam satu benua atau pulau yang sama. Batas wilayah daratan terdiri dari sungai, pegunungan, dan hutan.
2. wilayah lautan, tidak semua negara memiliki wilayah lautan, terlebih pada negara yang terletak di tengah-tengah benua.
3. wilayah udara, dapat dilihat dari tiga teori konsep wilayah yaitu teori udara bebas, teori negara berdaulat di udara dan udara schacter.
4. wilayah ekstrateritorial, wilayah suatu negara yang berada di luar wilayah negara itu disebut wilayah ekstrateritorial.

Maka yang bukan bagian dari wilayah suatu negara adalah ruang angkasa, karena yang meliputi bagian wilayah suatu negara adalah wilayah darat, wilayah perairan, dasar laut, dan tanah di bawahnya serta ruang udara di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga :  Dimana letak geografis Denmark?