Apa itu Zoidio gami?

Apa itu Zoidio gami?

Jawaban:

Zoidiogami adalah penyerbukan dengan bantuan hewan. Contoh hewan yang membantu proses ini adalah serangga dan burung. Contoh tumbuhan yang mengalami penyerbukan zoidiogami adalah mawar dan durian.

Pembahasan:

Tumbuhan, sebagai makhluk hidup juga berkembang biak. Ada yang berkembang biak secara vegetatif dan ada yang secara generatif.

Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di atas kepala putik. Penyerbukan diikuti dengan terjadinya pembuahan. Tumbuhan berbunga berkembangbiak secara generatif. Bunga sempurna memiliki bagian-bagian yang lengkap untuk berkembangbiak.

Penyerbukan berdasarkan perantaranya dibedakan lagi menjadi empat macam, yakni penyerbukan dengan bantuan angin (anemogami), penyerbukan dengan bantuan hewan (zoidiogami), penyerbukan dengan bantuan air (hidrogami), dan penyerbukan dengan bantuan manusia (antropogami).

Sementara itu, penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya dibedakan lagi menjadi empat, yakni penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hybridogamy).

Proses Penyerbukan dengan Bantuan Hewan (Zoidiogami) :
Penyerbukan pada tumbuhan ini terjadi karena perantara hewan. Hewan-hewan itu berperan sebagai penyerbuk yang memindahkan serbuk sari untuk bisa menyentuh kepala putik.

Contohnya lebah yang menghampiri bunga untuk mengisap madunya, lalu serbuk sari bunga itu terbawa lebah hingga lebah hinggap dan menyentuh kepala putik di bunga lainnya. Maka, terjadilah penyerbukan.

Tinggalkan komentar