Perbedaan dan Tekanan Freon R22,R32,dan R410a Pada AC

Perbedaan dan Tekanan Freon R22,R32,dan R410a Pada AC

Tekanan Freon R22,R32,dan R410a Pada AC – Pada tahun 2014 terjadi perubahan yang signifikan terhadap industri AC, dimana pemerintah mengeluaran peraturan bahwa tidak diperbolehkan lagi menggunakan freon R22.

Aturan ini diterapkan karena diduga ke-22 mengakibatkan kerusakan pada lapisan ozon bumi.Sebagai gantinya perusahaan Ac  harus menggunakan jenis freon R32 dan R410 yang lebih ramah lingkungan.

Dengan masih banyaknya pengguna AC dengan freon R22, maka suku cadang untuk AC dengan freon R22 masih diperjual belikan hingga tahun 2030. Sedangkan untuk produksi AC baru, sudah tidak diperbolehkan menggunakan freon R22. oleh karena itu disarankan ketika akan membeli AC pastikan jenis lainnya menggunakan R32 atau r410a.

Perbedaan R22,R32 dan R410a

Untuk mengetahui perbedaan dari R32 dan R410  berikut ini  index cooling untuk mengetahui kinerja suatu freon dalam mendinginkan AC. 

Sebagai catatan untuk membaca indeks kuning ini, semakin tinggi indeks maka semakin baik freon dalam mendinginkan AC. 

R22 : Cooling Index 100

R410a : Cooling Index 92

R32 : Cooling Index 160

Dari data diatas sudah diketahui indeks kuning tertinggi dimiliki oleh R32, kemudian diikuti dengan R22,dan yang terakhir adalah R410a. Freon R32 Memiliki kinerja untuk mendinginkan AC jauh lebih baik dibandingkan dengan 2 jenis freon yang lainnya. 

Sedangkan untuk R410a  meskipun memiliki indeks cooling yang paling rendah, namun jenis ini lebih ramah lingkungan.

Jika kamu menggunakan AC dengan jenis freon R410a, maka kamu tidak perlu khawatir Karena pada dasarnya meskipun memiliki indeks cooling lebih rendah namun pabrikan telah menyesuaikannya dengan memberikan isi freon yang lebih banyak. Dengan begitu kapasitas dari BTU/h  yang dihasilkan tetap sesuai dengan spesifikasi AC.

Perbedaan Tekanan Freon

Pada tiap jenis freon akan memiliki tekanan yang berbeda-beda,semakin tinggi tekanan itu berarti membutuhkan pipa yang lebih tebal dan kuat agar tidak terjadi kebocoran.

Berikut ini adalah tekanan freon Ac unutk tiap tiap jenisnya.

  • Tekanan Freon R410a : 140 psi
  • Tekanan Freon R32 : 140 psi
  • Tekanan Freon R22 : 80 psi

Berdasarkan data diatas,tekanan freon R32 dan R410a lebih tinggi dibandingkan dengan R22. Oleh karena itu sebaikya menggunakan pipa yang lebih tebal agar pipa tidak mudah bocor.

Pabrik sendiri memberikan standar ketebalan pipa untuk freon R32 dan R410a. Jadi sebaiknya baca manual book ketika membeli AC.

Oli yang digunakan pada freon R32 juga merupakan oli sintesis yang sangat rentan terhadap debu dan udara. Maka dari itu Freon R32 dan R41oa wajib divakum, karena oli yang digunakan lebih sensitif diabandingan dengan R22.

Apakah AC dengan Freon R22 bisa diganti menggunakan Freon R32?

Perlu dicatat,jangan pernah mencampur atau mengganti freon R22 menggunakan Freon R32 atau R410a.

Seperti yang sudah dibahas diatas,ada banyak perbedaan yang dimiliki seperti tekanan freon dan juga jenis oli yang digunakan. Jika dipaksakan maka dapat menyebabkan kerusakan pada AC.

Penggunaan pipa bekas juga harus diperhatikan, apalagi jika pipa dengan penggunaan freon yang berbeda maka harus dilakukan flushing dan vakum agar bersih dan tidak tersisa freon yang lama.

Demikian pembahasan solderpanas.com mengenai Ukuran Tekanan Freon R22,R32,dan R410a. Semoga Bermanfaat.

 

Check Also

Penyebab Mesin Outdoor AC Sering Hidup Mati Sendiri

Penyebab Mesin Outdoor AC Sering Hidup Mati Sendiri

Untuk mengatasi masalah pada mesin outdoor AC yang sering mati hidup, maka harus dilakukan analisa …