Bagaimana perubahan ruang di berbagai belahan dunia dan interaksi keruangan yang terjalin di dalamnya

Bagaimana perubahan ruang di berbagai belahan dunia dan interaksi keruangan yang terjalin di dalamnya…

Jawaban dan Penjelasan :

Perubahan ruang dan Interaksi Antarruang bisa terjadi dalam berbagai ruang lingkup ataupun skala. Dalam skala yang sempit, antara desa dengan kota terjadi perubahan ruang dan interaksi antarruang, dan dalam skala yang luas perubahan ruang dan interaksi antarruang dapat terjadi antar negara dan antar benua.

Pengaruh perubahan ruang serta interaksi antarruang adalah sebagai berikut :

1. Kehidupan Ekonomi
Interaksi antarruang terjadi karena adanya kebutuhan akan barang dan jasa, oleh suatu negara yang tidak mampu diproduksi.

2. Kehidupan Sosial
Interaksi antarnegara serta benua melibatkan pelaku utama adalah manusia. Interaksi sosial antara manusia dengan yang berbeda kehidupan sosialnya terjadi ketika terjadi interaksi dengan cara bertemu langsung (tatap wajah) atau melalui media komunikasi. Kehidupan sosial dapat berubah sebab adanya pengaruh dari interaksi tersebut.

3. Kehidupan Budaya
Peristiwa budaya bisa disaksikan secara langsung masyarakat di wilayah yang berbeda dengan adanya suatu kemajuan teknologi yang menjadi pengaruh serta mempengaruhi kehidupan budaya masyarakat yang menyaksikannya.

4. Kehidupan Politik
Kehidupan politik suatu negara dipengaruhi oleh negara lain karena sistem demokrasi yang dipilih oleh banyak negara merupakan hasil pengaruh dari demokrasi negara lain yang terlebih dahulu mengembangkannya. Meski terdapat penyesuaian, akan tetapi secara umum biasanya mengacu kepada sistem pemerintahan dan demokrasi tertentu.

5. Kehidupan Pendidikan
Pendidikan adalah modal dasar menuju kemajuan suatu bangsa ketika banyak negara yang telah memberikan perhatian besar terhadap kehidupan pendidikan warganya, sehingga berhasil menjadi sebuah negara yang maju.

Baca Juga :  Berikut ini ciri-ciri iklim tropis, kecuali