Bagaimana cara untuk menjaga gigi kita?

Bagaimana cara untuk menjaga gigi kita?

Jawaban:

Cara menjaga gigi agar tetap sehat antara lain tidak sering mengonsumsi minuman berkarbonasi, alkohol, kopi, atau makanan yang mengandung cuka, menggosok gigi 2 kali sehari, memilih pasta gigi yang mengandung fluoride, periksa gigi rutin ke dokter gigi, dan membatasi mengonsumsi makanan atau minuman yang manis.

Gigi adalah salah satu alat pencernaan yang membantu mulut dalam mengunyah makanan. Dengan adanya gigi, makanan yang kita konsumsi menjadi mudah ditelan karena berukuran lebih kecil dan lebih hancur setelah dikunyah. Agar gigi dapat berfungsi dengan baik, maka kita perlu untuk menjaga kesehatan gigi. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan gigi antara lain :

1. Tidak sering mengonsumsi minuman berkarbonasi, alkohol, kopi, atau makanan yang mengandung cuka.

Minuman berkarbonasi (seperti soda), alkohol, kopi, atau makanan yang mengandung cuka akan mengikis email gigi sehingga akan timbul gejala gigi sensitif. Gigi sensitif merupakan sensasi ngilu yang terjadi saat kita mengonsumsi minuman / makanan yang panas / dingin.

2. Menggosok gigi 2 kali sehari.

Menggosok gigi 2 kali sehari akan meminimalisasi penumpukan sisa makanan yang akan menimbulkan plak pada gigi. Plak pada gigi dapat menyebabkan bakteri akan mudah bersarang dan menimbulkan kerusakan pada gigi.

3. Memilih pasta gigi yang mengandung fluoride.

Merawat gigi dengan pasta gigi mengandung flouride dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Flouride juga dapat memperkuat enamel atau email gigi yang membuat gigi lebih tahan terhadap asam dari plak yang menyebabkan kerusakan gigi.

4. Periksa gigi rutin ke dokter gigi.

Periksa gigi secara rutin minimal setiap enam bulan sekali akan meminimalisasi terjadinya kerusakan gigi. Dengan periksa gigi secara rutin, maka jika ada kerusakan pada gigi, dapat segera diatasi dan tidak telanjur parah.

Baca Juga :  Jelaskan proses aliran darah pada jantung!

5. Membatasi mengonsumsi makanan atau minuman yang manis.

Makanan atau minuman manis dapat meningkatkan produksi asam yang merusak lapisan enamel gigi. Apalagi jika tidak menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis, maka akan membuat sisa-sisa makanan atau minuman menempel lebih lama di gigi. Kebiasaan inilah yang dapat mempercepat kerusakan gigi.