Tingginya pertumbuhan penduduk akan meningkatkan kepadatan penduduk benua-benua di dunia. Kondisi tersebut menyebabkan masalah bagi lingkungan yaitu

Tingginya pertumbuhan penduduk akan meningkatkan kepadatan penduduk benua-benua di dunia. Kondisi tersebut menyebabkan masalah bagi lingkungan yaitu…

Jawaban :

Masalah lingkungan yang diakibatkan oleh tingginya pertumbuhan dan kepadatan penduduk yaitu kerusakan hutan, alih fungsi lahan, pemukiman kumuh, pencemaran, dan pemanasan global.

Penjelasan :

Tingginya tingkat pertumbuhan penduduk akan meningkatkan pula kepadatan penduduk di suatu wilayah. Jumlah penduduk yang semakin bertambah akan berpengaruh terhadap tingginya kebutuhan lahan sebagai tempat tinggal maupun gedung-gedung untuk industri. Ketersediaan lahan yang terbatas akan memicu terjadinya alih fungsi lahan. Misalnya, lahan pertanian yang dialih fungsikan sebagai lahan non-pertanian, seperti pemukiman, gedung perkantoran, dan lain sebagainya. Selain itu, juga dapat memicu adanya pertumbuhan kawasan pemukiman kumuh di daerah perkotaan karena keterbatasan lahan yang tersedia.

Tingginya pertumbuhan penduduk yang selaras dengan perkembangan teknologi akan menimbulkan perubahan pola kehidupan, seperti kendaraan bermotor, listrik, dan lain sebagainya. Hal ini akan berdampak pada terjadinya pencemaran dan pemanasan global akibat efek rumah kaca sehingga suhu di bumi semakin meningkat. Kerusakan hutan juga dapat terjadi untuk memenuhi kebutuhan lahan yang terbatas. Hal ini akan berpengaruh terhadap minimnya daerah resapan air sehingga dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa masalah lingkungan yang diakibatkan oleh tingginya pertumbuhan dan kepadatan penduduk yaitu kerusakan hutan, alih fungsi lahan, pemukiman kumuh, pencemaran, dan pemanasan global.

Baca Juga :  Faktor faktor abiotik yang dapat mempengaruhi persebaran flora dan fauna adalah