Tipe hutan yang berada di daerah pasang surut air laut adalah

Tipe hutan yang berada di daerah pasang surut air laut adalah…

Jawaban :

Jadi tipe hutan yang berada di daerah pasang surut air laut adalah Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove yang tersebar di sepanjang pantai udata Jawa, Pantai timur Sumatera, sepanjang pantai Kalimantan dan pantai selatan Papua.

Penjelasan :

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada di kawasan iklim tropis. Kondisi tersebut menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.

Persebaran flora berdasarkan iklim dan keadaan daerahnya, yaitu :
1. Hutan bakau yang merupakan tipe hutan yang terletak di daerah pasang surut air laut atau bisa disebut hutan mangrove. Hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik.
2. Sabana, memiliki cri-ciri yaitu ditumbuhi rumput yang diselingi oleh pohon-pohon.
3. Hutan hujan tropis, memiliki ciri-ciri seperti berbatang besar, berdaun lebat sehingga membentuk kanopi, hijau sepanjang tahun.

Maka tipe hutan yang berada di daerah pasang surut air laut adalah Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove yang tersebar di sepanjang pantai udata Jawa, Pantai timur Sumatera, sepanjang pantai Kalimantan dan pantai selatan Papua.

Baca Juga :  Karena Indonesia terletak pada posisi silang (cross position) antara dua benua dan dua samudra, maka pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia adalah