Pemerintah Menetapkan cuti bersama Idul Fitri 1443H jatuh pada 29 April dan 4-6 Mei 2022.

Pemerintah telah menetapkan cuti bersama hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada 29 April dan 4-6 Mei 2022.

Kemudian, tanggal 2 dan 3 Mei 2022 ditetapkan sebagai hari libur nasional Lebaran. Keputusan ini telah di umumkan oleh Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia pada Rabu 6 April 2022.

“Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah pada tanggal 2 dan 3 Mei 2002 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri, yaitu pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022,” terang Presiden Jokowi dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Keputusan tentang cuti bersama ini nantinya akan diatur lebih lanjut dan terperinci melalui keputusan bersama dengan menteri-menteri terkait.

Jokowi mengatakan, cuti bersama dapat dimanfaatkan untuk bersilaturahmi dengan orangtua, keluarga, dan kerabat di kampung halaman.

Tetapi, ia mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan karena pandemi virus corona masih belum usai. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga meminta kepada masyarakat agar segera melengkapi vaksin Covid-19.

“Saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, kita semua harus selalu waspada,” kata Presiden Jokowi.

“Bersegeralah melengkapi dengan vaksin booster, harus tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, dan harus selalu bermasker pada saat di tempat umum atau dalam kerumunan,” imbuhnya.

Muhadjir Effendy, selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengatakan, Presiden Joko Widodo menginginkan agar pelaksanaan mudik Lebaran tahun 2022 ini diatur secara tepat dan ketat.

Hal tersebut telah disampaikan setelah selesai rapat terbatas tentang persiapan menghadapi hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor.

“Presiden juga meminta agar pelaksanaan perjalanan mudik tahun ini betul-betul diatur secara tepat dan yang ketat, betul-betul tidak menimbulkan risiko-risiko yang tidak perlu sehingga semua orang bisa menikmati mudiknya dengan gembira dan sampai tujuan dengan selamat,” terang Muhadjir,

Muhadjir mengatakan Dalam rapat kabinet tersebut, terdapat beberapa hal yang telah dibahas berkaitan dengan mudik Lebaran tahun 2022, termasuk di dalamnya adalah persiapan mudik, penyaluran bantuan sosial (bansos), dan juga peningkatan cakupan vaksinasi dan juga kebutuhan vaksin pada wilayah asal atau tujuan mudik.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ada sebanyak 76-78 juta penduduk Indonesia yang akan melaksanakan mudik Lebaran di tahun ini, setelah dua tahun sebelumnya sempat terhalang pandemi Covid-19.

 

Tinggalkan komentar