Pin Protek TV Sanyo Dynamic Series

Pin Protek TV Sanyo Dynamic Series

Pin Protek TV Sanyo Dynamic Series – Sering saya katakan salah satu tantangan mereparasi tv paling menantang adalah masalah tv protek. Karena membutuhkan ketelitian yang luar biasa, terutama pada TV Sanyo. Tv ini sangat rumit sekali dalam hal proteksi mesin tv.

Kemungkinan hal ini agar televisi aman bila terjadi kerusakan yang berakibat fatal, atau untuk keamanan dari kebakaran. Hal ini membukti bahwa tv sanyo mengedepankan kualitas dan keamanan.

Jika dilihat tv sanyo sekematicnya tidak seperti tv yang lain, lebih kompleks terutama pada tv sanyo yang diynamic series yang memakai 2 IC yaitu IC croma LA 76818A dan IC program LC863440.

TV Sanyo tipe ini lebih menonjol pada tegangan b+ flyback, bila tv pada umumnya memakai 115 volt pada tv sanyo memakai tegangan 130 volt.

Titik protek pada tv Sanyo ada beberapa blok komponen sensor sehingga harus kejelian ketika melakukan pencarian. Jika kita tidak mengetahui mana titik proteknya pasti dalam seminggu tidak akan ketemu saat mencari kerusakan pada tv sanyo protek.

Karena setelah saya pelajari dari beberapa sumber menyebutkan titik protek pada tv sanyo terdapat pada tegangan yang tidak normal saja bisa menyebabkan tv protek meskipun hanya 1, 2 volt saja dari tegangan normal.

Dengan memakai multitester digital ketika mencari kerusakan kemungkin akan lebih efektif dibandingkan memakai tester analog. karena multitester digital lebih akurat dibandingkan yang analog.

Menangani tv protek pertama yang perlu kita lakukan yaitu mencari pin protek pada IC program atau dengan kata lain mencari master protek, dari situlah semua sinyal protek terdeteksi. Sehingga harus dipotong terlebih dahulu untuk memaksa tv supaya tetap bekerja dan kita bisa mencari titik sensor protek yang bermasalah.

Berikut sudah saya rangkum dari pengalaman saya dan beberapa sumber yang saya temukan. Tentu berbeda jenis, chasis dan juga berbeda titik proteknya.

Pin Protek TV Sanyo Dynamic Series

Tv ini memakai 2 IC yaitu program LC863440 dan IC croma LA76818A. PIN protek terletak di IC program kaki 27, ingat IC program bukan pada IC croma. Bila ingin mematikan sumber utamanya lepas resistor dengan no.R830.

Setelah melepas sumber protek, kemudian baru cari titik sensor proteknya. Pada tv Sanyo Dynamic memakai sensor dibeberapa titik tegangan yaitu:

Output heater pada flyback R476 3K3 karena ada perbedaan data dari sumber, saya ahirnya menyimpulkan bahwa Sanyo Dynamic Series memakai tipe chasis yang bebeda, sehingga system kerjanya berbeda. Ada yang mengatakan output flybak heater disensor oleh R475 dan ada yang mengatakan R476. Tapi intinya sama sama mengirimkan sinyal ke master protek IC program kaki 27 melalui resistor 830.

Tv Sanyo Dynamic 14 inci pada tegangan video memakai tegangan B+130 volt yang tidak bersumber dari flyback, sehingga tegangan normal ikut bersama B+130 volt.

Saya melansir dari sumber lain protek terdapat di output vertikal R527, output regulator 9v D681, output 180 volt D489, OUTPUT X RAY pada kaki flyback low B R477, output heater 476.

Setelah saya cocokan dengan tv Sanyo Dynamic ukuran 12 inci, tidak match kemungkinan karena perbedaan seri chasis. Perbedaanya terletak pada komponen yang beda 1 nomor dan pada Xray low-B yang tidak terhubung pada apapun di tv yang saya tangani.

Dan saya melansir dari sumber lain juga sensor protek terletak di :

Q443, R 475 1 HEATER, D003, D004, D486=180VOLT, 16 VOLT.

Hal yang sama dari kedua sumber tersebut yaitu master protek terletak pada kaki 27 IC LC863440.

Perbedaan secara sekematik dengan yang saya alami yakni pada tegangan video 180 volt karena tv Sanyo yang saya tangani memakai b+130 volt saja. Sehingga saat ada permasalah pada tegangan B+ akan tetap protek.

Hal yang sering terjadi pada kerusakan tv Sanyo adalah flyback, padahal sangat sulit memperoleh jenis seri yang sama pada tv sanyo. Bila berbeda seri tapi tata letak kaki sama, tapi tegangan berbeda ini yang akan berakibat tv masih protek meski sudah mengganti flyback.

Perbedan juga saya dapat di sensor Xray lowB dari output flybac, ini biasanya juga menjadi sensor tapi ternyata di tv yang saya tangani sensor Xray tidak terhubung dengan apapun hanya saja pada chasis terdapat komponen yang kosong.

Semoga bisa menjadi refrensi dalam memperbaiki tv Sanyo yang protek terutama pada tipe dynamic series.

Akhir Kata

Demikian info yang kami bagikan semoga bermanfaat jika silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Aplikasi Jual Foto Online

Aplikasi Jual Foto Online

  Aplikasi Jual Foto Online – Tidak harus menjadi fotografer profesional dan memiliki kamera DSLR …