Cara Menghilangkan Suara Dengung Di Speaker Aktif

Cara Menghilangkan Suara Dengung Di Speaker Aktif

Cara Menghilangkan Suara Dengung Di Speaker Aktif – Speaker aktif memang lebih rawan dengan gangguan audio daripada amplifier. Alasannya yaitu masalah grounding.

Amplifier dan tone control dispeaker aktif tidak terlindung oleh grounding. Berbeda dengan amplifier yang rata rata memakai box besi sebagai tempat rakitan box besi yang berfungsi sebagai grounding atau pelindung dari frekuensi liar.

Cara Menghilangkan Suara Dengung Di Speaker Aktif

Tentang cara menghilangkan suara dengung pada speaker aktif kita perlu mencari penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini kita bahas dari mana asal gangguan dengung dispeaker aktif.

Penyebab dengung speaker aktif 

Sebelum lanjut ke cara mengatasinya kita perlu cari tahu dulu apa penyebab dengungan pada speaker aktif. Karena kadang penyebabnya sangat sepele tapi kadang membingungkan.

Ada beberapa bagian blok kerja speaker aktif yang harus dipahami untuk mencari penyebab dengung. berikut penyebab beserta solusinya.

  1. Kabel Input

Sebelum kita ke dalam mesin jika kita menemukan kerusakan speaker aktif dengan gejala dengung kita harus meneliti sumber inputnya terlebih dahulu terutama pada kabel input.

Fungsi utama kabel input yaitu menyalurkan sinyal dari sumber input. Kabel yang bagus untuk input audio yaitu kabel yang serabut tembaganya dilindungi oleh ground.

Untuk mengetahui kabel itu rusak atau tidak dengan cara menyentuh bagian isolator atau plastik. Jika dibagian isolasi disentuh ada dengung berarti kabel tersebut tidak bagus, sangat rawan terhadap gangguan frekuensi liar dan membuat sumber input tidak tersalurkan dengan sempurna.

  1. Power Suplay

Penyebab paling sering terjadi pada speaker aktif yang berdengung yaitu power Suplay, terutama pada speaker aktif yang masih memakai trafo konvensional atau belum memakai rangkaian SMPS.

Trafo konvensional lebih rawan dengan gangguan audio terutama dengung. Ini disebabkan karena lilitan yang kurang baik dan juga karena beban yang berlebihan.

Selain trafo, Elco dan Dioda yang berfungsi sebagai pengubah arus AC ke DC. Hal yang sering memengaruhi gangguan pada audio terutama yaitu Elco.

Biasanya karena Elco kering sehingga proses pemfilteran tidak sempurna. Saya pernah mencoba mengganti Elco dengan yang lebih besar ukurannya dari yang asli, malahan dengungan yang muncul berlebihan. Mungkin hal sudah di perhitungan oleh pihak pabrik. Tapi tidak semua, kadang Elco diganti dengan yang lebih besar dari aslinya malah dengung menjadi hilang.

  1. Tone Control

Tone control sangat berperan dalam gangguan dengung, karena sumber pengolahan audio diproses melewati tone control. Terutama dibagian potensio karena audio sering terganggu terutama dibagian bass.

Bila dispeaker aktif kamu belum ground body potensio maka harus untuk groun terlebih dahulu sebelum melangkah ke bagian lainnya. Dengan cara menghubungkan semua body potensio pada ground.

Bila dilihat sekarang ada bermacam bentuk potensio. Menurut saya pribadi yang paling bagus sistem ground nya adalah potensio yang dipakai oleh speaker aktif Polytron. Karena body potensio terhubung langsung dengan ground.

Selain potensio yaitu Elco di filter penyuplay tone control. Biasanya Elco melambung sehingga mengakibatkan pemfilteran arus DC kurang sempurna. Ganti sesuai dengan ukuran Elco asli. Karena Elco tersebut sangat penting.

  1. Blok Amplifier

Sebenarnya dibagian blok amplifier ada perbedaan pada gejala speaker aktif yang berdengung, Yaitu pada suara yang muncul.

Jika suara speaker berdengung lebih keras dari input atau hanya dengung keras dan tidak ada respon ketika di beri input maka dipastikan blok amplifier yang bermasalah

Bila suara dengung wajar penyebabnya berarti dari sumber lain.

Penyebab paling sering yaitu bocoran arus DC ke output speaker amplifier. Komponen yang rusak atau bocor yakni komponen aktif seperti transistor dan IC. Bagi yang memakai transistor sebagai penguatan akhir yang harus diteliti lebih intensif yaitu transistor final, transistor driver, dan Dioda bias.

Sedangkan yang memakai IC coba periksa terlebih dahulu output pada amplifier memakai tester DC. Bila terukur ada arus DC maka ganti IC.

Akhir Kata

Demikian informasi yang solderpanas bagikan jika bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil – Membeli sebuah perangkat speaker audio mobil tidaklah semudah membeli sparepate …