Kalimat utamanya paragraf tersebut adalah

Dalam segala aspek kehidupan kita pasti melakukan kegiatan bertanya. Siswa di sekolah akan bertanya kepada guru tentang materi pelajaran tidak difahaminya. Siswa melakukan kegiatan bertanya sebagai proses memahami materi secara utuh. Jadi berbagai manfaat bisa kita peroleh dengan bertanya.

Kalimat utamanya paragraf tersebut adalah …

Jawaban :

Kalimat utama paragraf tersebut adalah berbagai manfaat bisa kita peroleh dengan bertanya.

Pembahasan :

Kalimat utama adalah kalimat/gagasan yang dijadikan sebagai dasar untuk mengembangkan kalimat menjadi sebuah paragraf. Setiap kalimat utama biasanya memiliki kalimat penjelas atau pengembang.

Ciri-ciri kalimat utama:
1. Bersifat umum. Artinya, kalimat utama merupakan kalimat yang masih bisa dijelaskan dan dikembangkan menjadi beberapa kalimat.
2. Dapat berdiri sendiri. Artinya, bersifat utuh yang dapat diartikan tanpa ada kata hubung antar kalimat, seperti namun, serta, kemudian, dan sebagainya.
3. Biasanya terletak di awal, di akhir, atau awal dan akhir paragraf. Berdasarkan letaknya ini, kalimat utama dibedakan menjadi:
a. Deduktif. Letak kalimat utamanya berada di awal paragraf. Kalimat-kalimat setelah kalimat utama disebut kalimat penjelas.
b. Induktif. Kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Ciri paragraf induktif adalah adanya kata atau kalimat konjungsi seperti ‘”jadi”, “oleh karena itu”, “maka dari itu”, dan “akhirnya”.
c. Campuran. Kalimat utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf. Kalimat utama di akhir berfungsi untuk mempertegas kalimat utama di awal paragraf. Kalimat penjelas terletak di antara kedua kalimat utama yang awal dan akhir.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kalimat utama paragraf di atas adalah ” Jadi, berbagai manfaat bisa kita peroleh dengan bertanya.” Jenis paragraf tersebut adalah induktif, kalimat utama terletak di akhir paragraf, hal ini ditandai dengan konjungsi “jadi”.

Dengan demikian, kalimat utama paragraf di atas adalah berbagai manfaat bisa kita peroleh dengan bertanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.