. . . . . . kita tidak boleh boros dalam menggunakan air?

Nadia : Selamat sore, Pak.
Pak RT : Selamat sore, Nak.
Nadia : Bolehkah saya mewawancarai Bapak sebentar?
Pak RT : Tentu saja. Ada apa, Nak?
Nadia : Saya ingin bertanya, Pak. Bagaimana cara Bapak mengajak warga di sini untuk menghemat penggunaan listrik?
Pak RT : Sebenarnya, sederhana saja, Nak. Bapak hanya mengampanyekan budaya hemat listrik. Maksudnya, Bapak mengajak warga di sini untuk menghemat penggunaan listrik, seperti tidak menyalakan listrik atau benda elektronik jika tidak digunakan. Semua itu perlu dilakukan agar kita semua bijak dalam penggunaan listrik. Penggunaan listrik secara boros tidak termasuk cerminan perbuatan baik, kan?
Nadia : lya, Pak, benar.

. . . . . . kita tidak boleh boros dalam menggunakan air?
Kata tanya yang sesuai untuk melengkapi kalimat tanya di atas adalah
A. Apa
B. Siapa
c. Mengapa
D. Bagaimana

Jawaban :

C. Mengapa

Pembahasan :

Kata tanya adalah kata yang berfungsi untuk memberikan pertanyaan dengan tujuan meminta respon atau tanggapan dari seseorang sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

Ada enam kata tanya dalam bahasa Indonesia yang disingkat Adiksimba. Berikut penjelasannya:
1. Apa. Kata tanya ini berfungsi untuk menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan keadaan atau perbuatan dan merupakan inti bahasan. Jawaban dari kata tanya ini adalah pengertian, keterangan, atau penjelasan.
contoh : Apa isi bacaan di atas?
2. Dimana. Kata tanya ini berfungsi untuk menanyakan tempat sebuah peristiwa terjadi. Jawaban dari kata tanya ini adalah lokasi atau tempat suatu peristiwa.
Contoh: Dimana kamu membeli buku itu?
3. Kapan. Kata tanya ini berfungsi untuk menanyakan waktu terjadinya sebuah peristiwa. Jawaban dari kata tanya ini berhubungan dengan waktu.
Contoh: Kapan kamu membeli buku ini?
4. Siapa. Kata tanya ini berfungsi untuk menanyakan pelaku yang terkait atau turut serta dalam peristiwa yang dibahas. Jawaban dari kata tanya ini mengacu pada orang atau pelaku.
Contoh : Siapa yang membelikan buku ini?
5. Mengapa. Kata tanya ini berfungsi untuk menanyakan alasan atau sebab terjadinya sebuah peristiwa. Jawaban dari pertanyaan ini adalah penjelasan alasan/sebab.
Contoh : Mengapa kamu membeli buku ini?
6. Bagaimana. Kata tanya ini berfungsi untuk menanyakan proses atau cara sebuah peristiwa dapat terjadi. Jawaban dari pertanyaan ini adalah penjelasan mengenai proses atau cara berlangsungnya sebuah peristiwa.
Contoh: Bagaimana cara menulis indah?

Berdasarkan penjelasan tersebut, kata tanya yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang di atas adalah “mengapa”. Hal ini karena pertanyaan di atas berhubungan dengan alasan/sebab sebuah peristiwa berlangsung. Kalimat tanya lengkapnya adalah “Mengapa kita tidak boleh boros dalam menggunakan air?” Jawaban dari pertanyaan ini terkait dengan penjelasan alasan sebuah peristiwa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Leave a Reply

Your email address will not be published.