Bagian tersebut termasuk bagian………wawancara.

Siti : Selamat siang, Pak.
Pak Anton : Selamat siang, Nak.
Siti : Bolehkah saya mewawancarai Bapak mengenai kebersihan lingkungan di sekolah.
Pak Anton : Oh, iya boleh silakan, Nak.
Siti : Terima kasih, Pak. Saya ingin bertanya, bagaimana pendapat Bapak tentang kebersihan lingkungan di sekolah kita?
Pak Anton : Menurut Bapak, kebersihan di lingkungan sekolah kita sudah baik. Hal ini dibuktikan tidak ada sampah berserakan di lingkungan sekolah.
Siti : Menurut Bapak, apakah kegiatan menjaga kebersihan lingkungan sekolah itu penting untuk dilakukan?
Pak Anton : Wah, tentu sangat penting. Kebersihan dapat memengaruhi kesehatan. Selain itu, lingkungan sekolah yang bersih tentunya akan membuat para siswa nyaman dan semangat dalam belajar.

Siti : Bolehkah saya mewawancarai Bapak mengenai kebersihan lingkungan di sekolah?

Bagian tersebut termasuk bagian………wawancara.

Jawaban :

Bagian pembuka wawancara.

Pembahasan :

Wawancara merupakan kegiatan tanya jawab antara dua orang atau lebih untuk tujuan memperoleh informasi. Pelaku wawancara terdiri dari pewawancara yang mengajukan pertanyaan dan narasumber yang memberikan informasi.

Wawancara terdiri dari beberapa tahap, yaitu:
1. Tahapan awal (pembuka wawancara). Pada tahap ini pewawancara mengenalkan diri dan menyebutkan tujuan melakukan wawancara.
2. Tahapan inti (Isi wawancara). Pada tahap ini pewawancara dapat mengajukan pertanyaan utama yang berkaitan dengan informasi yang ingin diperoleh.
3. Tahapan akhir (penutup wawancara). Pada tahap ini pewawancara mengucapkan terima kasih kepada narasumber atas kesediaannya melakukan wawancara dan memberikan informasi.

Sesuai dengan penjelasan tersebut, pertanyaan pada soal merupakan bagian tahap awal atau pembuka wawancara. Pertanyaan “Bolehkah saya mewawancarai Bapak mengenai kebersihan lingkungan di sekolah?” merupakan tujuan dan tema informasi yang ingin diperoleh pewawancara.

Dengan demikian, bagian wawancara pada soal di atas adalah bagian tahap awal atau pembuka wawancara.

Tinggalkan komentar