Tema wawancara kali ini adalah cara menggunakan peralatan elektronik yang bijak demi menghemat penggunaan enerji listrik. Perbaikan kalimat yang benar ialah

Tema wawancara kali ini adalah cara menggunakan peralatan elektronik yang bijak demi menghemat penggunaan enerji listrik.

Perbaikan kalimat yang benar ialah . . .
A. Tema wawancara kali ini adalah cara menggunakan peralatan elekteronik yang bijak demi menghemat penggunaan enerji listrik.
B. Tema wawancara kali ini adalah cara menggunakan peralatan elekteronik yang bijak demi menghemat penggunaan energi listrik.
C. Tema wawancara kali ini adalah cara menggunakan peralatan elektronik yang bijak demi menghemat penggunaan energi listrik.
D. Tema wawancara kali ini adalah cara menggunakan peralatan elekteronik yang bijak demi menghemat penggunaan enerji listerik.

Jawaban :

C. Tema wawancara kali ini adalah cara menggunakan peralatan elektronik yang bijak demi menghemat penggunaan energi listrik.

Pembahasan :

Kata baku adalah kata yang sesuai kaidah standar bahasa Indonesia yang diatur berdasarkan pedoman Ejaan Bahasa Indonesia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Ciri-ciri kata baku:
1. Tidak dipengaruhi bahasa daerah dan bahasa asing.
2. bentuknya tetap dan tidak mudah berubah.
3. Tidak mengandung makna ganda.
4. Bukan merupakan bahasa percakapan.
5. Digunakan sesuai konteks kalimat.

Sesuai dengan penjelasan tersebut, kata tidak baku terdapat pada kata “enerji”. Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia penulisan yang baku “enerji” adalah “energi”. Maka, perbaikan yang tepat adalah “Tema wawancara kali ini adalah cara menggunakan peralatan elektronik yang bijak demi menghemat penggunaan energi listrik.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …

Leave a Reply

Your email address will not be published.