Apa sajakah akibat negatif dari interaksi manusia dengan lingkungan?

Dampak Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam

Manusia tidak bisa lepas dari lingkungannya. Lingkungan dan manusia saling berinteraksi dan saling memengaruhi. Lingkungan dapat memberikan manfaat bagi manusia. Manusia memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya. Beberapa bentuk pemanfaatan lingkungan oleh manusia, antara lain untuk lahan pertanian, perkebunan, perikanan, permukiman, dan industri

Sayangnya, sering kali manusia memanfaatkan lingkungan dengan kurang bertanggung jawab. Untuk memperoleh hasil pertanian yang melimpah, manusia menggunakan pupuk kimia dan pestisida yang berbahaya bagi kelestarian lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal, manusia menebangi hutan. Ada pula aktivitas manusia yang membuang limbah hasil industri ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Manusia juga membuang sampah secara sembarangan ke sungai. Hal ini menimbulkan pencemaran.

Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Misalnya, penebangan pepohonan di hutan akan menyebabkan hutan gundul. Ingat, salah satu fungsi hutan adalah menyerap dengan cepat dan menyimpan air dalam jumlah yang banyak ketika hujan lebat terjadi. Ketika hutan beralih fungsi menjadi permukiman maka derasnya air hujan tidak dapat terserap dengan cepat ke dalam tanah. Air akan menggenang sehingga terjadilah banjir di permukiman penduduk. Sebenarnya, banjir tidak hanya disebabkan oleh adanya perubahan fungsi hutan menjadi daerah pemukiman. Seperti telah disebutkan sebelumnya, banjir dapat diakibatkan oleh perilaku manusia yang membuang sampah sembarangan, yaitu di sungai.

Penebangan pepohonan terutama yang terdapat di lahan miring dapat menyebabkan tanah longsor. Akar pohon yang ada di lahan miring bermanfaat untuk memperkuat struktur tanah. Jika pepohonan itu ditebangi maka tanah menjadi tidak kukuh sehingga mudah longsor.

Apa sajakah akibat negatif dari interaksi manusia dengan lingkungan?

Jawaban :

Akibat negatif dari interaksi manusia dengan lingkungan akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Contohnya, penebangan pepohonan di hutan akan menyebabkan hutan gundul dan berakibat banjir, lalu penebangan pepohonan di lahan miring dapat menyebabkan tanah longsor.

Pembahasan :

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, informasi adalah pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu; keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat dalam bagian-bagian.

Cara menemukan sebuah informasi penting teks:
1. Membaca judul teks.
2. Membaca teks dengan cermat untuk mengetahui isi teks.
3. Menandai kata kunci.
4. Mencatat isi pokok bacaan (adiksimba).

Berdasarkan penjelasan di atas, akibat negatif dari interaksi manusia dengan lingkungan akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Contohnya, penebangan pepohonan di hutan akan menyebabkan hutan gundul dan berakibat banjir, lalu penebangan pepohonan di lahan miring dapat menyebabkan tanah longsor. Hal tersebut diperkuat oleh kutipan kalimat yang berbunyi “Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri.”

Dengan demikian, akibat negatif dari interaksi manusia dengan lingkungan akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia itu sendiri. Contohnya, penebangan pepohonan di hutan akan menyebabkan hutan gundul dan berakibat banjir, lalu penebangan pepohonan di lahan miring dapat menyebabkan tanah longsor.

Check Also

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas adalah

Gigitan hewan … bisa menyebabkan penyakit demam berdarah Kata yang sesuai untuk melengkapi kalimat dinayas …