TV Polytron Diva Mati Total Transistor Horizontal Short

TV Polytron Diva Mati Total Transistor Horizontal Short – Kali ini saya mendapat servis panggilan di desa tetangga untuk menservis TV Polytron yang Diva mati total. Setelah saya sampai saya langsung memeriksa dengan benar TV yang mati total dan lampu indikator tidak menyela.

TV Polytron Diva Mati Total Transistor Horizontal Short

Kata pemeilik TV ini bahwa telah terjadi ledakan dan tercium bau sesuatu yang terbakar.

Penanganan

Setelah TV saya buka, terlihat baik baik saja tapi ada yang janggal yakni pada solderan terlihat ada yang gosong pada bagian kaki capasitor resonant. Ini artinya telah terjadi konsleting hebat pada kapasitor ini.

Dan ternyata benar, capasitor yang berukuran 9N1 2000V ini telah terbakar dan mengalami short.

Pastinya transistor horisontal juga ikut jebol. Jika keadaan capasitor resonant ini mengalami short. Transistor horizontal pada TV Polytron diva memakai seri D18030DFH.

Kerusakan menyangkut pada transistor horizontal sangat rentan terhadapa kerusakan lain. Sehingga harus lebih hati hati ketika menangani TV dengan gejala transistor horizontal jebol. Terlebih lagi jika terjadi masalah pada flyback.

Karena TV ini mati total saya juga memeriksa FET AC matic dengan tipe 7N65C yang ternyata normal. Mungkin mati total karena transistor horizontal yang mengalami sehingga revulator tidak bisa menyala.

Untuk mencari capasitor resonant ditoko terdekat sangat sulit didapat sehingga terpaksa saya memakai komponen bekas sebagai gantinya. Dan ukuranya juga harus sama. Jika merubah nilai capasitor akan sangat berbahaya. Karena merubah nilai dapat mengakibatkan tegangan pada flyback meningkat. Sehingga akan membahaya bagi transistor horisontal.

Dan transitor dengan tipe D18030DFH juga sulit di dapat di daerah saya, sehingga saya menggantinya dengan trabsisitor seadanya. Yaitu transistor jenis C6090 karena biasanya semua tipe TV Polytron saya ganti dengan tipe 6090 dan dapat normal serta tahan lama.

Ternyata setelah mengganti transistor dan capasitor TV mau menyala normal dan tidak ada kerusakan yang lain. Panas transistor juga normal setelah saya tes beberapa waktu. Hanya hanget saja dan tidak langsung panas. Ini berarti kerja transistor normal. Bahkan flyback juga tidak ada masalah.

Dengan susuahan saya mencari komponen karena perlu pergi ke toko elektronik membuat waktu pengerjaan sangat lama karena ketidak adanya komponen. Sehingga pengerjaan TV Polytron diva 14 inc ini memakan waktu 2 hari. Sambil mengerjakan kerusakan TV lainnya.

TV polytron diva 14 inc yang mati total hanya dengan mengganti capasitor 9N1 dan transistor horizontal C6090 berahir dengan biaya 70 ribu rupiah lumayan.

Kata Penutup

Itu saja semoga membantu tentang TV Polytron Diva Mati Total Transistor Horizontal Short, sekian dan terimakasih.

Check Also

Inilah Penyebab TV Tidak Muncul Gambarnya Tetapi Ada Suaranya

Inilah Penyebab TV Tidak Muncul Gambarnya Tetapi Ada Suaranya

Kalian harus tahu penyebab TV tidak muncul gambar tetapi ada suaranya. Jika layar TV kalian …

Leave a Reply

Your email address will not be published.