Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Kadang Mati Sendiri

Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Kadang Mati Sendiri

Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Kadang Mati Sendiri – Kali ini saya mendapat kerusakan aneh pada sebuah speaker aktif Polytron. Gejala yang muncul yakni saat menyala awalnya normal, tapi beberapa menit kemudian speaker tiba tiba mati total. Kemudian untuk menghidupkannya kembali yaitu dengan cara di tabok.

Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Kadang Mati Sendiri

Saya kira ini merupakan masalah yang sederhana, tapi ternyata tidak sampai hanya dengan menyolder ulang bagian bagian tertentu saja. Lalu apa yang penyebab speaker aktif Polytron kadang mati sendiri saat di menyala.

Penanganan

Dengan gejala ini saya menekankan jika rekan menemukan kerusakan yang sama. Harap hati hati ketika memeriksa bagian regulator atau blok SMPS, karena elco 450V masih menyimpan muatan listrik tegangan tinggi. Karena itu perlu pembuangan muatan dahulu saat akan memeriksa sekaligus solder ulang bagian blok SMPS.

Selain blok SMPS solder ulang juga pada blok amplifier dan pada beberapa soket kabel karena solderan Polytron akan mengalami keretakan saat di pakai dalam jangka waktu yang lama karena getaran speaker dan kinerja amplifier yang panas.

Utamakan solder ulang pada kaki komponen transistor final TIP 41 dan 42. kemudian periksa bagian lain juga.

Kemudian di sinilah saya mulai merasa aneh saat sudah di lakukn solder ulang yang ternyata masih mengalami gejala yang sama.

Tentu ini membuat saya bingung, pastinya pada sini ada komponen yang bermasalah bukan hanya pada masalah solderan aja.

Gejala cukup aneh karena saya cuma mencoba mengganti FET pada SMPS dengan tipe 7N65C, speaker aktif dapat menyala normal.

Jika dipikir pikir ini tidak masuk akal karena permasalahan saat bergetar mesin akan mati. Ternyata di sebabkan FET setengah mati. Benarkah hanya ini?

Saya juga tidak tahu pasti karena sampai sekarang speaker aktif Polytron tersebut masih normal tidak ada kompline. Meski resiko FET mudah rusak sudah menantinya karena sudah diganti entah dengan ori atau palsu.

Tapi biasanya para teknisi memakai gatcun untuk menagatasi speaker aktif yang mati total supaya lebih awet terutama saat menemukan kerusakan speaker aktif mati total yang berkelanjutan dan tidak segera dapat tertangani.

Kata Penutup

Itu saja tentang Memperbaiki Speaker Aktif Polytron Kadang Mati Sendiri, sekian dan terimakasih.

Check Also

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil – Membeli sebuah perangkat speaker audio mobil tidaklah semudah membeli sparepate …