Fungsi Speaker Monitor Panggung

Fungsi Speaker Monitor Panggung

Fungsi Speaker Monitor Panggung – Fungsi speaker monitor panggung sangat penting terutama bagi musisi, alat music, dan juga vokal. Ketika pementasan musik monitor sangat berpengaruh dengan kenyamanan para musisi untuk mendengar suara alat musik yang dimainkan masing masing musisi. Jika para musisi tanpa memakai monitor panggung maka akan bingung dan kadang tidak singkron dengan musik lainnya.

Sangat pentingnya speaker monitor panggung, kadang setiap musisi membawa monitor panggung sendiri. Terutama monitor gitar dan keyboard.

Speaker aktif untuk monitor panggung baik untuk gitar atau keyboard yang sering dibawa kebanyakan para musisi. Adalah jenis dan spesifikasi yang mempunyai kontroler tone supaya musisi dapat leluasa untuk mensetting.

Sekarang yang banyak beredar di pasaran adalah merek roland, fender, marshall, yamaha, ibenz, dan lainnya.

Dua jenis Speaker panggung

Terdapat dua jenis speaker panggung yang sering di pakai yakni monitor floor dan side fill. Keduanya mempunyai peran masing masing tergantung fungsi dan ketersediaan alat.

Floor Monitor Speakers

Yang paling banyak di pakai yaitu speaker floor. Karena speaker jenis ini terbukti efektif terutama untuk vokal dan para musisi yang live musik supaya dapat mendengarkan apa yang mereka mainkan.

Speaker monitor floor mempunyai tampilan yang elegan saat berada diatas panggung. Membuat tidak mengganggu tampilan suasana panggung. Dapat dikatakan fleksible sistem penataan.

Speaker floor sangat efektif untuk musisi terutama yang tampil berdiri. Contohnya vokal. Speaker floor di desain untuk condong ke atas mengarah langsung ke kepala, sehingga efektif sebagai monitor musisi yang berdiri.

Speaker flor build up rata rata memakai sistem aktif atau mempunyai amplifier secara mandiri tidak tergantung dengan satu amplifier untuk banyak speaker.  Speaker aktif sangat membantu dan sedikit lebih simpel di bandingkan memakai multi amplifier.

Tapi khusus untuk pemain drum biasanya mempunyai monitor yang berbeda yaitu memakai speaker monitor stand atau memakai side fill. Ini tentu karena tata letak alat musik drum berada dibawah jika memakai monitor floor, suara tidak sampai ke pemain. Karena terhalang suara alat musik aslinya. Terlebih bagi musisi yang memainkan 2 peran sekaligus seperti gendang dan drum. Ini biasanya akan memakai 2 monitor kiri dan kanan supaya suara yang di dengar lebih jelas.

Side Fill Monitor Speakers

Sedangkan yang tidak kalah penting yaitu side fill kiri dan kanan. Biasanya side fill di letakkan di samping kiri dan kanan panggung yang di dominasi keseluruhan instrumen. Sehingga musisi tidak hanya mendengar yang mereka mainkan secara personal, tapi juga dapat mendengarkan keseluruhan instrumen yang ada di panggung.

Itu saja tentang Fungsi Speaker Monitor Panggung, sekian dan terimakasih

Check Also

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil Berkualitas

Tips Membeli Speaker Audio Mobil – Membeli sebuah perangkat speaker audio mobil tidaklah semudah membeli sparepate …