Pola pergerakan penduduk dan dampaknya pada kehidupan yaitu

Pola pergerakan penduduk dan dampaknya pada kehidupan yaitu…..
a. Deportasi penduduk ke asalnya mengakibatkan kepadatan bertambahnya penduduk
b. Evakuasi penduduk mengakibatkan padatnya penduduk di wilayah lain
c. Migrasi penduduk mengakibatkan bertambahnya penduduk
d. Ruralisme mengakibatkan bertambahnya penduduk di pedesaan

Jawaban :

D. Ruralisme mengakibatkan bertambahnya penduduk di pedesaan

Penjelasan :

Dinamika penduduk adalah suatu perubahan baik secara kuantitas atau kualitas penduduk suatu daerah. Salah satu yang mempengaruhi perubahan tersebut adalah mobilitas penduduk, ada beberapa jenis mobilitas penduduk sebagai berikut :

1. Mobilitas Sirkuler, adalah mobilitas yang dilakukan seharian dan bersifat sementara. Contoh : mobilitas ulang-alik (harian), mobilitas musiman.

2. Mobilitas Permanen, adalah mobilitas yang dilakukan lebih dari satu hari, dan bersifat permanen. Contoh : Migrasi international, pada migrasi international dibagi menjadi tiga yaitu. Emigrasi, penduduk pindah ke negara asing, imigrasi, penduduk berpindah dari negara luar ke dalam negeri, dan remigrasi, kembalinya penduduk yang sebelumnya pindah ke negara luar, dan kembali lagi ke dalam negeri. Ketiganya bermaksud menetap. Selanjutnya ada migrasi nasional, pada migrasi nasional dibagi menjadi tiga yaitu. Urbanisasi, penduduk dari desa ke kota. Transmigrasi, penduduk dari provinsi atau pulau yang pada ke provinsi atau pulau yang penduduknya jarang, dan ruralisasi, perpindahan dari kota ke desa untuk menetap.

Salah satu dampak dari pola pergerakan penduduk dan dampaknya terhadap kehidupan adalah ruralisme mengakibatkan bertambahnya penduduk di pedesaan. Ruralisme atau ruralisasi adalah perpindahan penduduk dari kota ke desa, merupakan kebalikan dari urbanisasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga :  Apa perbedaan perikanan air payau dan perikanan air tawar