Pengalaman Tentang Kerusakan TV Polytron Uslim

Pengalaman Tentang Kerusakan TV Polytron Uslim

Pengalaman Tentang Kerusakan TV Polytron Uslim – Dari berbagai penglaman saya dalam menservis, yang paling diingat yaitu kerusakan pada Polytron U slim. Karena banyak keluhan dari user TV U slim. Tapi yang paling sering dikeluhkan user yaitu diawali dengan TV mengalami protek.

Ternyata kerusakan tidak sampai disitu, tetapi terdapat juga setelah protek tertangani tidak ada keluhan apapun lagi.

Pengalaman Tentang Kerusakan TV Polytron Uslim

Berikut saya bagikan pengalaman bermacam kerusakan pada TV Polytron U slim dan cara memperbaikinya:

TV Protek

Letak protek di TV Polytron CRT kebanyakan terletekan di IC vertikal, terutama TV U slim series. Jika kita sudah tahu letak titik protek, maka pada saat menemulam kerusakan seperti ini, pertama yang dituju yaitu IC vertikal. Langsung menuju elco 1 uf50V. Jika TV hidup normal kemungkinan TV hanya bermasalah di elco tersebut.

Satu Garis Vertikal

Pertama, gejala layar gelap tapi setelah screen dinaikan ternyata terdapat satu garis arah horisontal ditengah. Dengan begitu permasalah terdapat diblok vertikal. Dengan mengganti elco 100 uf 50 v elco atau pump up ternyata masalah ini dapat teratasi.

Vertikal Jebol Terus

Gejala pertama protek tapi setelah protek ditangani ternyata ada suara tapi tidak ada gambar. Penggantian IC vertikal tidak akan membuahkan hasil. Ternyata permasalah terdapat ditegangan dari flyback +12 naik sampai 25V. Dan begitu sebaliknya pada bagian -12 menjadi – 16. Ini disebabkan karena kenaikan dibagian B+ 115V pensupply flyback atau kadang bila B+ normal dikarenakan oleh kerusakan flyback itu sendiri karena naiknya tegamgam 12V.

B+ Over

B+ over yang dialami oleh TV Polytron masih berhubungan dengan IC vertikal yang jebol terus. Tapi jika B+ over terlalu tinggi biasanya disertai dengan transistor horizontal ikut jebol. Sehingga TV mengalami standby bahkan hingga mati total. Hal yang pernah saya alami yakni B+ over. Dikarenakan oleh vertikal adjuster B+115V jika over mencapai 150V dan jika B+ hingga 200V lebih, biasanya opto kopler akan mati.

Mode AV Tidak Muncul

Gejalanya AV tidak muncul ketika ditekan tombol AV pada remot dan tombol AV dipanel switch TV. Tapi mode VCR muncul. Ini dikarenakan oleh IC memori error. Untuk memperbaikinya dengan memakai IC bekas TV Polytron.

TV Mati Total Ditandai Dengan Elco 400V Masih Menyimpan Tegangan

Ini dikarenakan oleh salah satu komponen yang putus atau FET tidak bekerja. Saya menemukan kerusakan dijalur positif (+) elco 400V diresistor ukuran 220K mati atau putus. Pantas jika elco masih menyiman tegangan. Penggantian R220K akan membuat TV langsung normal.

Lampu Indikator Berkedip Kedip

Ketika menemukan kerusakan seperti ini jangan menyalakan TV dalam wakat yang lama. Langsung ke bagian horizontal. Karena jika diteruskan kemungkinan TV akan mati total karena FET diregulator tidak bisa menahan arus pendek pada transistor horizontal. Dan jika terdapat kerusakan pada transistor horizontal jangan langsung menggantinya karena ada kemungkinan lainnya. Misal capasitor resonant mengalami short. Untuk itu perlu diperiksa terlebih dahulu. Baru setelah itu dapat dilakukan penggantian transistor horizontal C6090.

Layar Pada TV Menampilkan Warna Yang Bercampur

Menjadikan gambar tidak jelas dan seperti hologram. Ini dikarenakan oleh tegangan 180V video mengalami drop. Ini disebabkan karena elco ukuran 47uf250V kering. Tapi terkadang ini disebabkan karena kerusakan flyback, jika masih terjadi kerusakan. Atau resistor pembatas molor dan dioda mengalami short dijalur tegangan 180v video.

Muncul Bercak Warna Pada Layar

Ini disebabkan karena kegagalan dari kerja dgausing sehingga tidak dapat menetralkan pengaruh magnet terhadap fosfor. Hal ini biasanya terjadi kerusakan pada posistor degaussing dan NTC.

TV Gelap Hanya Terlihat Pelangi

Kerusakan ini berhubungan dengan vertikal yang tidak bekerja. Ini sering saya temukan disebabkan karena resistor 1 ohm molor membuat tegangan 12V drop yang menuju IC vertikal. Atau juga bisa elco filter 470 uf dan dioda dipenyearah flyback out +- 12V.

Layar Hanya Membuka Bagian Bawah

Diawali dengan protak, setelah protek diatasi ternyata layar hanya terlihat setengan dibagian bawah. Ini disebabkan karena elco ukuran 100 uf 50V kering diblok vertikal sebagai elco pum up.

Itulah beberapa pengalaman saya menangani beberapa kerusakan di TV Polyton U slim. Sebenarnya masih banyak tapi sudah lupa.

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan Pengalaman Tentang Kerusakan TV Polytron Uslim. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Check Also

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Penyebab dan Cara Mengatasi Layar TV Bergaris Horizontal

Biasanya, penyebab layar tv bergaris secara horizontal dikarenakan pada bagian vertikal televisi tersebut telah mengalami …