Objek apa yang dideskripsikan dalam teks tersebut?

Bunga Melati

Hampir semua orang mengenal bunga ini. Bunga melati merupakan jenis tanaman bunga yang banyak orang kenal karena harumnya. Bunga melati juga sering dijadikan aksesoris pengantin wanita pada adat orang Jawa.

Bahkan karena harumnya yang sangat khas, ada minuman teh yang memiliki aroma melati Bunga melati juga sering digunakan sebagai bahan dan aroma saat melakukan terapi kecantikan.

Bunga melati berwarna putih, bentuk mahkotanya sedikit lonjong dan kecil mungil. Mahkota bunga melati sangat lembut dan halus serta wangi. Bagi seseorang yang menciumnya maka timbul perasaan ingin menciumnya lagi. Mahkota bunga melati ada tujuh dan berlapis, susunannya datar dan menyirip saling berhadapan menjadikan bunga ini sangat indah.

Daun bunga melati berbentuk ovate atau bundar telur, pangkal daunnya berbentuk lingkaran yang indah dan semakin ke ujung bentuknya semakin runcing. Pada bagian pinggir daun melati sedikit bergelombang dan permukaannya sedikit berkerut semakin indah ketika tertiup angin. Tak hanya bunganya, daun bunga melati juga sering dijadikan sebagai terapi kesehatan.

Objek apa yang dideskripsikan dalam teks tersebut?

Jawaban :

Bunga melati.

Penjelasan :

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek secara terperinci.

Tujuan teks deskripsi adalah untuk menggambarkan suatu objek secara terperinci sehingga pembaca seolah melihat dan merasakan secara langsung.

Ciri teks deskripsi sesuai dengan tujuan deskripsi, yaitu penggambaran objek dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indra.

Pada teks tersebut, penulis membahas bunga melati. Hal ini dapat dilihat pada beberapa kalimat berikut.
1. Bunga melati merupakan jenis tanaman bunga yang banyak orang kenal karena harumnya.
2. Bunga melati juga sering dijadikan aksesoris pengantin wanita pada adat orang Jawa.
3. Bunga melati berwarna putih, bentuk mahkotanya sedikit lonjong dan kecil mungil.

Baca Juga :  Pak Danu memelihara kambing. Namun kandangnya berada di samping jalan. Kotoran kambing banyak jatuh ke jalan. Warga merasa terganggu saat lewat. Pak Danu sebaiknya

Berdasarkan ketiga kalimat tersebut, kita dapat mengetahui objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut adalah bunga melati.

Dengan demikian, objek yang dideskripsikan dalam teks tersebut adalah bunga melati.