Cara Memperbaiki Layar TV China WCOM Hanya Hitam Putih

Cara Memperbaiki Layar TV China WCOM Hanya Hitam Putih

Cara Memperbaiki Layar TV China WCOM Hanya Hitam Putih – Layar TV CRT hanya berwarana hitam putih seringkali di temukan pada TV China, ahirnya TV menjadi seperti TV era 90 an. Yang hanya tersedia TV yang berwarana hitam putih saja.

Masalah TV hanya berwarna hitam putih kadang memang membuat bingung, meski kadang bila di ukur pada IC Croma output RGB memiliki tegangan.

Tapi sebelum mengulik kerusakan ini lebih lanjut lagi baik kita memperhatikan dalam hal pengaturan TV. Yang memnyebabkan TV hilang warna akibat program TV yang salah.

Cara Memperbaiki Layar TV China WCOM Hanya Hitam Putih

Periksa pengaturan warna TV yaitu pada menu color. Atur level sampai yang tertinggi. Jika tidak terjadi perubahan pada gambar kita lanjut pada program selanjutnya.

Selanjutnya pastika sistem gambar memakai sistem auto bukan pal atau NTSC. Karena beberapa kejadian memakai sistem ini juga bisa berakibat TV hanya hitam putih.

Dengan memakai sistem auto gambar akan otomatis menangkap sinya yang di pancarkan pemancar TV atau yang berasal dari sumber input lainnya.

Dan yang paling penting yaitu pada bagian input yang mungkin bagi pemakai antena parabola sering mengalaminya. Yaitu kesalahan menghubungkan input pada bagian soket biru, merah, dan hijau. Yang mana fungsinya untuk menangani gambar dari output DVD yang memakai sistem YBR.

Jika salah memasukkan RCA ke input akan berakibat gambar hanya berwarna hitam putih. Kecuali memang pada output receiver tersedia output YBR.

Program sudah dan input sudah beres tapi gambar tetap hitam putih kita lanjut pada mesin TV yaitu pada blok sistem waran TV.

Petama pastikan solderan pada blok RGB dalam keadaan baik, kemudian elco 180V tidak bocor dan tegangan berada pada 150V.

Jika sudah ganti XTAL pada blok IC croma yang biasanya berukuran antara 4,4 mhz

Sebenarnya ada dua gejala TV yang mengalami warna hanya hitam putih yaitu OSD ikut tidak berwarna dan OSD warnanya normal namun gambar tetap hitam putih.

Jika yang terjadi pada blok OSD ikut tidak berwarna mungkin kerusakan pada IC croma karena tidak ada tegangan pada out RGB. Itu karena pin 6 dan 7 pada IC 8873 atau XTAL tadi yang sudah saya sebut diawal

Setelah XPAL di ganti tapi belum berhasil biasanya karena IC croma mengalami keruskan.

OSD normal?

Bila pada blok croma sudah diganti tapi masalah tidak kunjung selesai, kadang permasalahan warna pada TV China karena IC memori 24NC08 mengalami corupt.

Dengan catatan sudah mengganti berapa part yang telah disebut. antara IC croma dan ckristal.

Jika kita menemui masalah IC memori corupt bisa dengan opsi menemukan cabutan memori dengan casis yang sama. Atau mengflass ulang data yang tersedia sesuai dengan jenis TV yang di pakai. Bisa mencarinya di internet serta memakai alat flass memori.

Akhir Kata

Itu saja informasi yang solderpanas sampaikan tentang Layar TV China WCOM Hanya Hitam Putih. Jika informasi ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih telag membaca artikel ini.

Check Also

Aplikasi Jual Foto Online

Aplikasi Jual Foto Online

  Aplikasi Jual Foto Online – Tidak harus menjadi fotografer profesional dan memiliki kamera DSLR …