Inilah Penyebab Fuel Pump Tidak Berbunyi

Inilah Penyebab Fuel Pump Tidak Berbunyi

Inilah Penyebab Fuel Pump Tidak Berbunyi – Fuel pum atau pompa bensin merupakan komponen yang terdapat pada mesin injeksi. Dalam mobil, Fuel pump berperan untuk memompa bahan bakar dari dalam bak bahan bakar ke arah injektor. Dan hasil pemompaan bahan bakar dari fuel pump ini akan membuat desakan dalam aliran bahan bakar yang waktu di injeksikan oleh injektor di dalam ruangan bakar akan berubah menjadi wujud kabut.

Akan tetapi, fuel pump terkadang malah tidak terdengar bunyi maupun getarannya sama sekali. Ketika  kita putar kunci contact ke ON, seharusnya akan terdengar bunyi dengungan dengan waktu beberapa menit dari sisi tanki yang menandakan fuel pump sedang bekerja. Akibatnya mesin akan susah atau bahkan tidak dapat dihidupkan sama sekali.

Ada beberapa penyebab terjadinya fuel pump tidak berbunyi. Lalu apa saja penyebab fuel pump tidak berbunyi? Selengkapnya silahkan simak ulasan berikut!

 

Penyebab Fuel Pump Tidak Bunyi

1. Karena sekring putus

Penyebab pertama mengapa fuel pump tidak berbunyi yaitu Karena sekring fuel pump putus. Biasanya, sekring fuel pump ini berada kotak sekring / Fuse box yang ada pada ruangan mesin, tetapi adapun juga  beberapa mobil yang letak fuel pump nya berada di fuse box sisi dalam mobil. Sekring ini berfungsi hanya untuk pemisah arus. Jadi, jika arus yang mengucur ke serangkaian melewati batasan, maka sekring akan terputus hingga serangkaian pompa tidak terbakar.

Ketika sekring fuel pump sudah putus, maka tidak akan ada arus listrik yang mengalir ke fuel pump. Akibatnya motor fuel pump pun tidak akan berputar-putar dan fuel pump akan mati.

Jadi, jika sekringnya putus maka akan ada tanda-tanda korsleting pada serangkaian kelistrikan motor. Jika sudah diganti dengan sekering baru dengan kemampuan yang sama tetapi masih tetap putus. Maka kalian harus memeriksa tempat yang mana paling mungkin berlangsung korsleting.

 

2. Socket kunci kontak terbakar

Kunci kontak berperan untuk mengalirkan arus listrik ke pompa, sehingga pompa dapat bekerja untuk memompa bahan bakar. Karena itulah, kunci kontak ini harus bekerja dengan baik.

Jika socket kunci contact sampai gosong atau terbakar, maka ikatan antar terminal jadi kurang klop sehingga arus listrik pun tidak bisa konek secara baik. Selain itu, terjadinya korsleting juga bisa disebabkan karena terminal pada socket miring dan melekat pada terminal lain yang seharusnya tidak saling melekat.

Karena itulah harus dilakukan pemeriksaan keadaan socket harus dibuka socketnya/melepaskan socket dari kunci contact. Biasanya dari luar terlihat normal-normal saja tetapi jika dibuka akan tampak kunci kontak yang gosong. Jika hal ini terjadi, maka harus segera dilakukan penggantian.

 

3. Kerusakan pada IC pompa

Pompa bensin memiliki IC atau regulator untuk mengendalikan waktu aktif pompa waktu kunci contact ON dan mengendalikan perputaran motor pompa dan keperluan bensin yang dibutuhkan mesin. Biasanya, IC pompa telah menjadi satu dengan pompa.

Jika timbul kerusakan pada IC pompa maka fuel pump tidak dapat berbunyi atau tidak bekerja. Untuk memeriksa IC terbilang cukup susah karena di dalam IC tersebut terdapat banyak kombinasi elemen elektronik seperti resistor, transistor dan yang lain. Untuk pemeriksaannya yaitu dengan mengecek socket dari motor yang masuk di pompa.

Umumnya terdapat dua terminal aki power (+) dan massa (-). Pada saat kunci contact ON, harus ada arus yang mengalir pada socket itu. Untuk mengenalinya, kalian bisa memakai volt mtr. Tapi jika tidak ada arus listrik maka permasalahannya bukan berasal dari IC melainkan dari serangkaian kelistrikan motor tersebut.

 

4. Kabel pompa bensin terputus

Kabel merupakan komponen penting yang digunakan pada rangkaian kelistrikan. Untuk melakukan pemeriksaan kondisi kabel maka membutuhkan volt meter. Sambungkan jarum merah volt mtr pada terminal + socket dan jarum hitam pada ground.

Kemudian putar kunci contact ke status ON maka harus terdapat tegangan sebesar 12 volt. Tapi jika tidak ada, maka bisa disimpulkan kalau kabel yang putus.

 

5. Motor pompa telah rusak

Jika kerusakan fuel pump tidak menimbulkan suara, maka bisa berawal dari pompa tersebut. Biasanya ketika fuel pump rusak desakan bensin akan menjadi kurang kuat. Karena itulah tanda-tanda yang dirasakan adalah motor yang brebet bahkan juga mati pada saat digas. Jika hal ini terjadi maka perlu dilakukan penggantian unit pompa.

 

6. Relay Fuel Pump hancur

Penyebab terakhir mengapa fuel pump tidak berbunyi adalah relay fuel pump rusak. Relay fuel pump berfungsi sebagai saklar elektromagnet yang akan menyambungkan arus dari baterei ke fuel pump motor saat kunci contact diputar ke status ON. Letak relay fuel pump sendiri ada yang terpasang di dalam fuse box dan adapun juga yang terpasang di luar fuse box.

Umumnya, untuk yang terpasang terpisah terpasang tidak jauh dari ECU mobil. Ketika relay fuel pump  hancur dan tidak berperan karena itu arus listrik yang mengucur ke arah fuel pump mobot akan terputus hingga fuel pump tidak akan bisa bekerja atau tidak berbunyi.

Dan itulah tadi penyebab Fuel Pump tidak berbunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.