Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA – Output amplifier TOA ada fitur 100V. Apakah kegunaan dari output 100V ini?.

Pada beberapa kasus instalasi power ampli TOA, pemakai yang tidak tahu fungsi panel output 100v. Langsung main sambung saja, Katanya supaya lebih lantang. Tapi beberapa saat kemudian mereka mengeluhkan karena spul speaker mudah terbakar. Karena ternyata speaker yang mereka pakai untuk hubungkan adalah low impedansi. Padahal output 100V di peruntukkan bagi speaker high impedance.

Jika rekan belum mengetahui tentang hal ini, lebih baik pahami secara mendalam apa itu speaker high impedansi dan low impedansi.

(Impedansi adalah istilah untuk hambatan resistor atau hambatan speaker yang dinyatakan dalam hukum ohm)

Speaker low impedance Biasanya mempunyai spesifikasi 4 hingga 16 ohm

Contohnya Speaker Low Impedance TOA: ZH-4015, ZH-5025B, ZH-610S, dan ZS-F2000B

Speaker High impedance Mempunyai speaifikasi 83ohm, 285ohm, 1kohm, dan lainnya.

Contoh speaker High Impedance TOA: ZH-4015M, ZH-5025BM, ZH-610SM, ZS-F2000BM, ZS-1030B, ZS-ZS-102C, ZS-202C, ZS-1030W, ZS-1030B, dan lainnya.

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Apa kegunaan dari output tegangan 70 atau 100 volt pada ampli TOA

Tujuan tegangan output 100v itu di pakai untuk keperluan instalasi kabel panjang. Di harapkan ketika memakai kabel panjang dengan memakai tegangan tinggi, arus yang mengalir ke speaker tidak berkurang signifikan.

Perlu dipahami output 100v pada ampli toa di pakai untuk speaker dengan impedansi tinggi sekitar 173 ohm lebih. Speaker jenis ini biasa memakai matcing trafo. Ini sering di terapkan di instalasi kabel panjang misal di kantor, sekolah, tempat wisata, dan masjid sekalipun.

Saat akan memakai tegangan 100V perlu memperhatikan spesifikasi yang di pakai pada speaker. Jika rekan terlanjur membeli speaker jenis low impedance sedangkan instalasi perlu kabel panjang, maka rekan harus membeli komponen tambahan yaitu trafo OT (matcing trafo) sesuai speaker yang rekan punya.

Contoh:

Rekan mempunyai 2 buah speaker 8 ohm 30W 2 buah. Sedangkan kabel yang perlu dilalui medan instalasi yaitu 50 m. Jika di terapkan paralel speaker akan menghasilkan impedansi 4 ohm atau 60 watt. Maka dari amplifier jika di sambung ke output 4 ohm, daya akan berkurang saat sampai ke speaker. Karena itu supaya tidak mengurangi daya output amplifier saat sampai ke speaker, di butuhkan output 100V di output amplifier. Dengan menambah satu matching trafo di speaker mempunyai output 4 ohm min-60W bila di rakit secara paralel.

Mungkin untuk rekan yang sedang akan membeli kebutuhan audio untuk tempat keramaian dengan kebutuhan kabel yang panjang lebih baik memilih speaker jenis high impedance yang sudah di lengkapi dengan matching trafo di dalamnya dan tidak repot lagi dalam instalasinya.

Kata Penutup

Sekian info tentang Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA. Silahkan bagikan jika bermanfaat dan terimakasih.

Check Also

Cara Merakit Ampli Untuk Corong TOA

Cara Merakit Ampli Untuk Corong TOA

Cara Merakit Ampli Untuk Corong TOA – Merakit power ampli untuk corong toa tidak beda …