Service TV Polytron Uslim Mati Standby Protek

Service TV Polytron Uslim Mati Standby Protek

Service TV Polytron Uslim Mati Standby Protek – Kerusakan standby pada Polytron sering terjadi pada TV keluaran baru terutama jenis CRT. Seperti yang di alami TV Polytron u-slim dengan gejala lampu indikator menyala, saat di remot power pada remot hanya berkedip, juga ada suara ngiiiing dan crak di flyback beberapa saat. Ini artinya flyback masih bekerja. Perdiksi awal TV Polytron u-slim mati standby protek atau hidup sebentar kemudian mati lagi. Si pemilik TV ini mengatakan gejala awalnya berawal dari menyempitnya layar atas dan bawah, lalu mati standby.

Service TV Polytron Uslim Mati Standby Protek

Penanganan TV Polytron Uslim Mati Standby Protek

Penanganan awal seperti bisa membersihkan mainboard dari debu dan kotoran.

Kemudian, karena TV Polytron u-slim menandakan protek, blok paling pertama untuk di amati dan di periksa yaitu blok IC vertikal. Pada titik kaki vertikal terlihat retak retak, saya langsung mensolder ulang. Kemudian saya coba menyalakan TV, tapi tidak ada hasilnya dan masih protek.

Penyelidikan pada tegangan B+115 volt masih oke, lalu saya berinisiatif mengganti elco 1uf 50v dekat IC vertical. Karena biasanya langsung manjur untuk mengobati TV Polytron stanby protek. Tapi TV masih belum mau menyala. Bahkan tidak terlihat kilapan cahaya sedikitpun pada layar.

Saya baru ingat kata pemilik TV yakni TV awalnya layar menyempit atas dan bawah kemudian TV mati. Disini saya mencoba untuk mengganti elco 100uf 50v dekat IC vertikal atau elco ini berfungsi untuk pum up pada layar. Dan benar setelah saya periksa elco ini terlihat mengembung. Pantas jika awalnya layar pada bagian atas dan bawah menyempit. Sering kita sebut kerusakan TV hanya terlihat satu garis horizontal.

TV u-slim Polytron mati standby protek ini ahirnya selesai dengan mengganti elco 100uf50V pada elco pum up. Dan disini saya menyimpulkan mendengar gejala awal yang dialami TV dari pemilik TV sangatlah penting. Ini untuk memudahkan kita dalam menganalisa kerusakan secara lebih cepat. Dengan begitu kita tahu mana blok yang perlu di oprek.

Kata Penutup

Itu saja informasi yang solderpanas bagikan tentang Service TV Polytron Uslim Mati Standby Protek. Silahkan bagikan jika bermanfaat dan terimakasih.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.