Hati hati!! Saat Menaikkan Tegangan Ampli Speaker Aktif

Hati hati!! Saat Menaikkan Tegangan Ampli Speaker Aktif

Hati hati!! Saat Menaikkan Tegangan Ampli Speaker Aktif – Bagaimana caranya menaikkan tegangan voltase ampli pada speaker aktif? atau apa saja yang harus di perhatikan ketika akan menaikkan tegangan pada sebuah power amplifier speaker aktif. Karena bila hanya dengan menaikkan tegangan, ganti saja trafo dengan yang voltnya lebih besar selesai, tapi sebelumnya perlu memperhatikan beberapa aspek penting sebelum memutuskan menaikaan tegangan ampli speaker aktif.

Yang Diperhatikan Saat Menaikkan Tegangan Ampli Speaker Aktif

Model speaker aktif yang dapat dioprek amplifiernya.

Satu dari banyaknya model sepaker aktif yang mempunyai mesin yang berbeda. Karena itu saya hanya mau menjawab yang saya paham tentang hal ini dari pengalaman pribadi saya.

Model speaker aktif ada 2 menurut jenis amplifier yang di pakai. Yakni yang memakai IC dan memakai transistor.

Untuk speaker aktif, amplifer memakai IC yang biasanya pabrik pembuat sudah mensetting voltase sesuai kemampuan IC yang di pakai. Artinya model amplifier memakai IC tidak memungkinkan voltasenya dinaikkan. Kecuali dengan mengganti model amplifier yang memakai sistem OCL dan model ampli lainnya.

Yang mungkin dapat dinaikkan voltasenya adalah model amplifier yang memakai transistor. Amplifier yang memakai speaker aktif model OCL biasanya mempunyai rentan voltase antara 20 hingga 25 volt DC.

Jika dinaikkan ke 32 volt DC atau lebih apakah aman?

Kita lihat dulu bagian transistor finalnya, apakah heatsing atau pendingin bisa menahan panas yang di hantarkan transistor. Jika tidak, kemungkinan transistor akan jebol jika di pakai dalam waktu yang lama dan keadaan dalam power full. Semakin tinggi tegangan transistor semakin keras kerjanya, terlebih beban speaker berlebih.

Perhatikan kemampuan transistor final yang di pakai

Kita juga perlu memperhatikan voltase maksimal pada transistor final yang di pakai. Jika transistor memakai tip 41 dan tip 42 memakai tegangan 32 volt itu sebenanya bisa asalkan heatsing yang di pakai mumpuni. Menurut beberapa sumber tegnagan untuk tip 41 dan 42 ini dapat mencapai 100 volt 6A maksimal. Tapi saya sendiri tidak yakin tentang itu terlebih jika di pakai untuk transistor final biasanya untuk supply 1 sepaker saja panasnya berlebih. Dan memakai voltase 25V saja kadang mengalami kerusakan apa lagi jika sampai 42V. Mungkin bisa di pakai tengang 42V tapi tidak sebagai transistro final, tapi di pakai untuk transistor driver, untuk ini saya yakin.

Dari pada ragu lebih baik pakai transistor yang lebih besar. Alternatifnya dapat diganti transistor tip dengan seri tip 3055 dan 2955 supaya penguatnya lebih besar. Tapi harus memakai produk ST yang asli bukan merek Hanaya, untuk produk Hanaya di pakai pada tegangan 25V saja tidak tahan lama.

Perhatikan bagian transistor driver yang di pakai

Selain transistor final kita juga perlu memperhatikan transistor driver. Transistor driver biasanya pada speaker aktif kelas menegah memakai transistor final 41 dan 42c memakai A733 dan C945. Saat akan mengganti transistor final dengan daya lebih besar misal tip3055. Maka transistor harus diganti dengan BD139 dan BD140. Sedangkan yang mau mengganti transistor dengan yang lebih besar misal Thosisba atau Sanken, transistor tersebut dapat diganti dengan tip31, dan 32. Transistor driver yang saya maksud adalah transistor pada jalur yang sebelum transistor final. 2 itu saja sedangkan transistor lain biarkan apa adanya.

Tegangan tone control

Jika tegangan tone control jadi 1 dengan power amplifier artinya jika voltasenya dinaikkan akan berefek juga. Karena itu jika ingin menaikkan voltase amplifier speaker aktif kita perlu memberikan tegangan pada tone control tegangan khusus. Yaitu menambah trafo bila tidak ada tegangan lain sebagai alternatif.

Mungkin ketika pertama kali di naikkan voltase tone control tidak terpengaruh, tapi lama lama bisa menyebabkan transistor tone control juga ikut mati. Karena itu lebih baik jika di pakai tegangan tersendiri.

Kata Penutup

Itu saja tentang Yang Harus Diperhatikan Saat Menaikkan Tegangan Amplifier Speaker Aktif, sekian dan terimakasih.

Check Also

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA

Fungsi Output 100v Pada Amplifier TOA – Output amplifier TOA ada fitur 100V. Apakah kegunaan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.