Cara Merakit Power SOCL 504

Cara Merakit Power SOCL 504

Cara Merakit Power SOCL 504 – SOCL 504 atau super OCL 504 adalah driver yang sekarng ini sedang buming dikalangan penggemar audio rakitan. Driver power ampli ini sebenarnya di adopsi dari OCL 150W hanya saja dibeberapa komponen memang tidak sama. Terutama dibagian sistem DCO yang bisa diatur sehingga dengan fleksible mengtur DC off site supaya speaker aman dari tegangan DC.

SOCL 504 terkenal dengan karakter suara yang jernih tapi power full sehingga artikulasi nada bisa terdengar enak ditelinga. Begitu kira kira karakter SOCL 504 sehingga driver power ampli ini sangat buming dikalangan penyuka ampli rakitan.

Menurut saya driver ini karakternya bisa flat dengan pengolahan ampli yang bagus supaya hasilnya juga maksimal.

Cara Merakit Power SOCL 504

Berikut cara merakit komponen komponen power SOCL 504 :

Cara Merakit Power Amplifier SOCL 504 

Sebenarnya diproses perakitan ini tidak berbeda jauh dengan amplifier lainya. Hanya dibagian finishing yang berbeda. Apa perbedaannya?, yaitu dibagian setting DCo.

Setting DCo sangat penting dilakukan secara seksama supaya bisa menghasilkan tegangan DCo sekecil mungkin dibagian out speaker. Ini bertujuan supaya ketika dipakai tegangan DC tidak membakar coil speaker.

Cara Mengukur DCO Power Ampli Super OCL 504

Supaya lebih mudah ketika pengukuran pakai DC meter digital karena yang kita butuhkan merupakan tegangan yang mendekati 0,0001. Sehingga saat melihat angka dari tester digital lebih detail dibandingkan denga memakai tester analog. Kemudian ditahap pengukuran DCO diinput pada jumper ke ground kemudian ukur memakai 2,5V pada multitester supaya lebih akurat ukur. Dibagian out speaker probe merah positif (+). Setting trimpot variable resistor ke arah kiri atau kekanan mengikuti nilai paling kecil tegangn DC yang terukur dimultitester.

✅Baca Juga :  Skema OCL 500W Tanpa DCo Adjuster

Cara Modifikasi TEF

Ada yang mengatakan untuk amplifier lapangan driver SOCL 504 perlu dimodifikasi dengan cara menambahkan TEF (triple emitor follower) atau tranasistor tambahan untuk memperkuat sinyal output emitor dari C4793 – A1837……

Terutama untuk mendrive speaker ukuran 18 inc.

Caranya mudah komponen yang dibutuhkan yaitu transistor 5200-1943 atau 5198-1941 dan 2 buah resistor ukuran 100ohm 1W.

Biasanya di driver terdapat lubang untuk transistor final. Kita tempatkan transistor di lubang itu untuk tranasistor final.

5200 pada bagian positif (+), sedangkan A1943 dibagian negative (-).

Di bagian emitornya terdapat 2 buah resistor kapur berukuran 0,5 oHm 5W. Resistor kapur ini diganti dengan resistor ukurn 100ohm 1W tadi.

Jadilah TEF nya.

Pengujian

Kemudian running test bila transistor TEF terlalu paas rekan dapat menambahkan heatsing supaya kinerja TEF tetap terjaga saat di geber dilapangan.

Super OCL 504 di desain dasar untuk memakai speaker ukuran 15 inc 2 buah paralel persatu channelnya itu yang standar.

Jika di modifikasi dapat dipakai untuk 18 inc. Tapi hasilnya masih dipertanyakan jika hanya menambah TEF saja tanpa mengganti komponen tertentu supaya kinerja semakin baik dan bisa bertahan di daya yang tiggi.

Demikian informasi yang solderpanas sampaikan tentang CARA MERAKIT POWER SOCL 504. Jika informasi inibermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.