Servis TV SANYO Gejala Flyback Bocor

TV SANYO Gejala Flyback Bocor – Kali ini saya mendapatkan servisan TV sanyo dengan ukuran 14 inci dengan gejala mati total dan lampu indikator standbay menyala tapi berkedip kedip.

Servis TV SANYO Gejala Flyback Bocor

Penanganan

Pertama saya periksa demper horizontal yang ternyata mengalami short. Kemudian saya coba ganti dengan demper normal, hasil TV mau menyala normal. Tapi kemudian terdengar suara ledakan kecil pada bagian badan flyback, lalu TV saya matikan untuk menghindari kerusakan lebih parah lagi terutama pada demper horizontal.

Awalnya saya pikir bahwa flyback bocor di bagian cop flyback, lalu.

Saya menlepas demper horisontal yang kemudian saya ukur B+115 ternyata normal.

Kemungkinan besar bocor di bagian badan flyback. Firasat saya benar setelah coba dinyalakan ada kebocoran yang terjadi di bagian badan flyback ditandai keluarnya percikan api pada badan flyback.

Kerusakan flyback yang bocor di bagian badan sangat sulit diatasi, kecuali mengganti flyback sekalian. Meski harusnya dapat di tambal memakai lem tapi menurut pengalaman saya tindakan ini tidak tahan lama. Karena itu saya putuskan mengganti dengan yang baru.

Flyback yang dipakai

TV sanyo ukuran 14 inci ini memakai flyback dengan seri BSC 26-2638S. Karena TV merek sanyo produk Jepang dan ternyata di kota saya tidak ada yang menjual. Setelah mengitari kota Temanggung juga tidak dapat no seri yang sama, saya ahirnya memutuskan mencari persamaan flyback BSC 26-2638S detailnya urutan kaki pin sebagai berikut:

H_b+_lowb_video_afc_nc_abl_nc_heat_gnd

Setelah mencari di google saya menemukan beberapa seri yang sama yakni:

L40B15300, L40B17100, JF0501-32611, dan JF0501-32639.

Nomer seri ini adalah flyback TV sanyo ukuran 21 inc. Setelah saya mendapatkan salah satu nomer seri tersebut lalu saya coba pasangkan. Sebelumnya saya belum pernah memasang flyback beda seri, tapi saya mencoba melakukan percobaan ini. Ahirnya TV dapat bekerja dengan flyback untuk ukuran 21 inc.

Tapi tidak semulus penggantian flyback dengan nomer seri yang berbeda, TV dapat bekerja tapi layar bagian samping dan atas bawah menyempit. Masalah layar kurang lebar dapat saya atasi dengan menu servis.

Karena yang dapat di adjust hanya pada bagian atas dan bawah maka saya harus mengubah menseting lebar samping kiri dan kanan secara manual. Yakni dengan mengubah nilai capasitor pump horizontal berukuran 474N saya seri dengan C ukuran 394 hasil layar normal kembali.

Kata Penutup

Itu saja dari solderpanas tentang TV SANYO Gejala Flyback Bocor, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar