Sebutkan pengaruh sosial budaya dalam IPTEK dan komunikasi

Sebutkan pengaruh sosial budaya dalam IPTEK dan komunikasi…

Jawaban :

Jawabannya adalah pengaruh sosial budaya dalam IPTEK dan komunikasi adalah karena globalisasi yang menimbulkan dampak positif dan negatif di masyarakat.

Penjelasan :

Proses globalisasi dapat mendatangkan berbagai dampak dalam bidang kehidupan manusia, salah satunya yaitu pada bidang sosial budaya. Dampak tersebut dapat tergolong kedalam dampak positif dan negatif di masyarakat misalnya seperti :

1) Dampak positif
– Perubahan tata nilai dan sikap, globalisasi menyebabkan perubahan pada tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju. Misalnya seperti, meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.
– Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, yang menyebabkan kehidupan sosial semakin menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien. Globalisasi memberi peluang setiap negara bisa belajar dari negara lain, sehingga proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi secara global terjadi dengan cepat.
– Sebagai ajang promosi mengenai budaya di tingkat lokal, globalisasi membuka kesempatan pada masing-masing negara untuk memperkenalkan kebudayaannya melalui kemajuan arus informasi dan komunikasi.

2) Dampak negatif
– Lunturnya nilai budaya lokal, gempuran kebudayaan asing yang terfasilitasi dengan media dan teknologi internet dapat secara leluasa hadir di tengah-tengah masyarakat kita dan berpotensi mendominasi serta mempengaruhi kebudayaan lokal.
– Perubahan gaya hidup, perubahan ini tergolong pada perubahan negatif sebagai dampak dari pengaruh kebudayaan asing misalnya sikap individualistis, materialistis, hedonisme dan konsumtif.
– Terjadi eksploitasi sumber sumber daya alam yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dan polusi akibat pesatnya proses globalisasi terutama di bidang sosial-ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.