Tegangan IC Vertikal Over Di Tv Polytron Slim

Tegangan IC Vertikal Over Di Tv Polytron Slim

Tegangan IC Vertikal Over Di Tv Polytron Slim – Kali ini saya dibingungkan dengan permasalahan pada tv Polytron slim dengan IC vertikal mengalami kerusakan berkali kali yang disebabkan karena tegangan VCC vertikal over.  Pada bagian vcc +12 volt yaitu ketika diukur ternyata 30 volt DC yang normal tanpa beban disekitar 16 volt dc.

Tegangan normal vcc +12V, jika diukur tanpa beban akan sekitar 30 volt apabila diukur dari pin hitam diletakan di vee -12 volt negative bukan ground.

Nah +12 v ini diukur dengan pin hitam diletakkan di ground tapi pada bagian positif ternyata sudah terukur 30 volt. Maka bila diukur dengan pin hitam tester diletakkan di -12 volt ini akan menjadi tegangan 45 volt.

Pantas saja jika terjadi keruskanan pada IC vertikal jebol dan meski diganti dengan yang paling bagus sekalipun.

Tegangan IC Vertikal Over Di Tv Polytron Slim

Menurut pengalaman saya sebelumya, jika tegangan Vcc 12 volt ini mengalami kerusakan biasanya disebabkan antara dua komponen flyback atau tegangan b+ 110 volt. Jika tegangan pada b+115 volt normal kerusakan disebabkan oleh flyback yang bermasalah.

Namun kali ini berbeda, faktanya setelah mengganti flyback ternyata masih sama tegangan vertikal +12 masih over diangka 30 volt DC.

Bahkan sudah mengganti beberapa komponen termasuk dioda dari output 12 volt, bahkan Elko juga sudah diganti.

Kemudian saya berfikir dan sambil mencari beberapa refrensi, ternyata tegangan pin +12 volt berkaitan dengan b+115 volt melalui D803. Jika diurutkan, dioda ini bersumber dari tegangan 110 volt setelah melewati dua resistor berukuran 10k dan berkaitan dengan IC micom. Apabila dioda D803 dilepas tegangan +12v akan menjadi normal.

Jika di analogikan tegangan +12V ini dikondisikan oleh IC micom untuk monitor kenaikan tegangan b+115 volt. Dan ini masih berkaitan dengan sistem protek tapi jika terjadi keruskan pada bagian dioda D803 akan memepengaruhi tegangan +12 akibatnya tegangan yang menuju IC vertikal menjadi over.

Yang terpenting ketika dioda D803 dibuang pada rangkaian tegangan +12 volt menjadi normal lagi terukur 16 volt.

Dan coba dirunning tes ternyata tv tidak ada mengalami gangguan sama sekali bahkan normal. Ini berarti dioda jika tidak dipasang tidak akan menimbulkan masalah besar tentunya. Karena meskipun dioda diganti dengan yang baru dan ukuranya sama, ternyata malah tegangan bermasalah lagi.

Jagi cara untuk memperbaiki tv Polytron slim dengan tegangan IC vertikal over bisa dengan melepas diode D803 dan itu tidak akan menimbulkan permasalahan apa apa. Yang penting tv bisa menyala tanpa ada masalah.

Akhir Kata

Sekian jika informasi tadi bermanfaat silahkan share dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Kata KunciTv polytron tegangan vertikal over -

Leave a Reply

Your email address will not be published.