TV Polytron Regulator Rusak Suara Berderit

TV Polytron Regulator Rusak Suara Berderit – Kali ini saya mendapat servis TV tabung merek Polytron ukuran 21 inc yang mengalami kerusakan mati total. Awalnya TV ini mengalami mati dengan indikasi fet power supply short. Fet yang di pakai 7N65C. Apakah permasalah hanya dengan mengganti fet kemudian langsung beres?.

Terkadang benar setelah penggantian FET bisadapat langsung nyala bila keruskan memang hanya karena faktor FET saja. Kali ini tidak sampai disitu saja karena setelah penggantian Fet TV mengalami mati protek.

TV Polytron Regulator Rusak Suara Berderit

Saya amati pada tegangan +12V -12V tegangannya 0V. Padahal pada b+115V terukur normal dan tidak mengalami drop.

Kemudian saya sadar ada kerusakan pada IC vertikal. Terlihat retak atau pecah di bagian body IC LA78141. Pantas jika tegangan bagian tersebut mengalami drop. Tapi sebelum saya mengukur bagian IC vertikal, tegangan VCC +12V ternyata over.

Penyebab suara berderik

Setelah tegangan beres langsung pasang IC vertikal. TV dapat hidup tapi ada bunyi aneh dari area power supply yang seperti berderit. Dan kemudian FET beberapa saat langsung panas. Ini artinya ada kerusakan lain selain pada FET 7N.

Saya kira penyebabnya yaitu kerusakan bagian sekunder ada yang mengalami short sehingga membebani short pada area primer regulator. Tapi setelah periksa sana sini bahkan sampai ke transistor horizontal tidak ada yang mengalami short.

TV dapat hidup dengan tanda flyback bisa bekerja. Tapi ada bunyi seperti ular derik. Jika di biarkan dalam waktu lama FET mungkin akan rusak, karena TV baru di nyalakan sudah langsung overheat.

Mungkin keruskan ada pada trafo switching regulator. Tapi ini jarang terjadi bahkan pernah mengalami kerusakan yang tidak ketemu solusinya, Meski mengganti semua bagain primer power supply tapi tidak ada hasil.

Akhirnya satu hal yang bisa sampai pada satu titik yakni ketika mengganti optocopler TV dapat menyala normal tanpa menjerit lagi.

Kuncinya disini yaitu FET mudah Panas kemudaian tidak berfikir sumber feedback dari sekunder power supply. Padahal kerja FET pada power supply akan mendapatkan umpan dari sekunder melewati optocopler mungkin selain optocopler kita bisa menganalisa jalur tersebut sebagai acuan saat menemui keruskan yang sama jika sudah mengganti optocopler tapi masih bunyi berderik.

Itulah dunia servis elektronik. Kita sebenarnya sudah menemukan sebuah teka teki yang sulit sebenarnya jawabanya sudah terlihat di depan mata tapi belum juga ketahuan. Dan di sini jam tebang dan pengalaman berberan sangat penting.

Kata Penutup

Itu saja sekian dan terimakasih.

Check Also

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat TV LED agar Tidak Cepat Rusak

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak bermunculan produk-produk elektronik baru yang tentunya sudah semakin …

Leave a Reply

Your email address will not be published.