Cara Mudah Memperbaiki Blender rusak

Cara Mudah Memperbaiki Blender rusak – Blender berfungsi sebagai penghancur bahan makanan. Tapi kadang banyak orang salah mengaplikasikan fungsi blender itu sendiri. Karena itulah blender sering rusakan karena kelebihan beban.

Dilihat dari segi kekuatannya blender rawan rusak, terutama yang merek abal abal yang mempunyai kualitas komponen yang rendah terutama bagian spoel yang mudah panas, akibatnya akan mudah terbakar.

Kerusakan pada blender dipengaruhi oleh kerja blender yang berhubungan dengan air. Jadi saat blender rekan rusak dapat disebabkan karena faktor air. untuk menambah wawasan rekan saya memberi sedikit tips memakai blender supaya awat:

-Jangan nyalakan blender saat dinamo kena air atau basah. Jemur di bawah matahari hingga kering sebelum di pakai lagi.

-Jangan memaksa blender menghaluskan benda yang keras sehingga motor tersendat.

-Berilah jeda putaran beberapa waktu saat ingin memutar lebih lama.

Memperbaiki Blender rusak

Intinya di atas hanya sedikit tips supaya mencegah kerusakan. Tapi, jika sudah terlanjur rusak. Berikut saya ajak rekan sekalian untuk mengenali berbagai kerusakan pada blender dan cara penangananya.

Blender mati total

Jika blender ketika dinyalakan tidak ada respon pada dinamo, periksa kabel AC 220 dan semua kabel tidak ada yang putus atau terlepas. Jika perlu pakai ohm meter 1× untuk memeriksa semua kabel sehingga lebih akurat. Dan jangan lupa juga periksa saklar on dan off.

Motor tidak berputar sama sekali

Pada kasus ini biasanya berhubungan langsung dengan dinamo. Jika sudah di pastikan kabel sudah beres selamjutnya memeriksa spoel dinamo apakah mengalami short atau putus. Dengan cara memakai OHM meter 1×.

jika jarum tester bergerak ke arah kanan penuh itu berarti spoel mengalami shot. Tapi jika masih ada yang tersisa sekitar 3ohm di pastikan masih bagus. Tapi jika tidak bergerak sama sekali berarti lilitan ada yang terputus.

Blender hanya dengung

Saat blender dinyalakan ada berbunyi dengung ini berarti arus sudah masuk tapi kurang. Kasus ini dipengaruhi motor yang seret, sehingga perlu di lumasi minyak atau sejenisnya supaya putaran tidak berat.

Atau juga bisa carbon brush atau brostel sudah tipis dan tidak kuat menggerakan motor. Ganti saja dengan yang baru dan berkualits, karena komponen yang terdapat di pasaran sangat beraga kualitasnya. Ini akan menentukan usia dan kekuatan putaran.

MCB listrik langsung anjlok saat blender di nyalakan

Spoel mengalami short sering terjadi jika blender di pakai dalam waktu yang lama dan tidak diberi jeda, yang terjadi spoel dinamo akan panas dan akhirnya terbakar. Jika spoel sudah terbakar beli saja blender baru atau dengan melilit ulang gulungan dinamo.

Dari beberapa permasalahan di atas yang paling sering terjadi adalah carbon brush atau brostel sudah menipis. Jika blender jarang di pakai akan membuat karatan di bagian landasan carbon brush dan lakker sulit bergerakan karena karat.

Itu saja tentang Cara Mudah Memperbaiki Blender rusak, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar