Cara Mengatasi TV SHARP Picocolo protek 21EF25MK2

Cara Mengatasi TV SHARP Picocolo protek 21EF25MK2

Cara Mengatasi TV SHARP Picocolo protek -21EF25MK2 – Kali ini saya mendapatkan sebuah TV SHARP picocolo yang mengalami protek. Gejalanya saat di nyalakan kembali ke mode standby. Dapat dibilang masih bisa start meski hanya sebentar. Memperbaiki TV dengan kondisi servis panggilan merupakan salah satu tantangan tersendiri. Karena beberapa kali saya pernah gagal dalam menangani kasus pada TV SHARP protek. Kali ini saya berhasil karena keberanian saya menyelesaikanya dengan mengandalakan pengalaman yang telah saya dapatkan. Karena berhasil saya akan membagikan pengalaman ini kepada rekan rekan mudah mudahan dapat menjadi refrensi. Untuk di pakai ketika memperbaiki TV SHARP picocolo yang mengalami protek.

Cara Mengatasi TV SHARP Picocolo protek 21EF25MK2

Berikut langkah yang saya tempuh ketika menangani TV SHARP picocolo yang protek:

Buka casing

Buka casing kemudian bersihkan casis TV dari mainboard utama hingga soket RGB memakai kuas.

Solder ulang

Selanjutnya solder ulang bagian yang sering bekerja panas misal rangkaian blok RGB dan transistor horisontal atau IC vertikal.

Test TV

Coba test dengan menyalakan TV. Kadang denga langkah di atas TV dapat hidup kembali. Bila belum dapat start kita lanjut keberikutnya.

Ukur tegangan B+

Pakai multitester, arahkan fungsi ke DC volt pada 250V untuk mengukur tegangan B+. Pastikan ada 115 +, jangan sampai kurang. Pengukuran lakukan dengan cepat karena TV sedang protek.

Lihatlah gejala layar

Jika bisa, lihatlah gejala layar. Artinya TV SHARP mempunyai proteksi pada bagian RGB. Bila seperti itu pasti bila kerusakan terjadi di bagian RGB pasti akan mengalami protek. Maka bila bisa lihatlah layar. Jika tidak terlihat gejala lanjut ke langkah selanjutnya.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki TV Mati Standby Dan Penyebabnya

Mencari titik protek

Sekarang mencari titik protek. Ini paling penting dalam mensevis TV protek yakni mencari titik protek pada IC utama terlebih dahulu. Karena itu penting bagi kita untuk mencatat setiap kali menemukan titik protek di beberapa TV. Cari data pada IC yang di pakai di internet. Pada TV SHARP picocolo memakai IC UOC- IXC245WJN1Q. Titik protek terletak di kaki 63. Cari jalur yang mengarah ke protek di letakan. Kita cabut saja resistor 1030.

Coba hidupkan TV

Sekarang coba hidupkan TV, biasanya TV menyala kerusakannya jelas, apa yang mengakibatkan TV SHARP picocolo mengalami protek.

Gejala yang saya temukan

Ternyata TV yang saya tangani mengalami keruskan pada layar yang terlinat blank gambar terlihat samar samar. Mungkin terjadi keruskan di penguat RGB.

Elco filter 180

Melihat pengalaman yang sudah sudah bahwa TV dengan gejala blangk karena tegangan video yang mengalami drop 180V ternyata hanya 100V saja. Dengan yakin penyebabnya tidak lain adalah elco pada filter 180 dengan ukuran 33uf 250V.

Setelah mengganti elco TV tidak blank lagi dan gambarnya normal.

Pasang kembali resistor R1030.

Biasanya TV langsung bisa start dan tidak protek lagi.

TV SHARP picocolo memang sering rusak dengan gejala seperti layar blank lalu jika sudah parah TV akan langsung protek.

Sekian tentang Cara Mengatasi TV SHARP Picocolo protek -21EF25MK2, silahkan bagikan dan terimakasih.